Tips Memilih Karpet

Berikut adalah tips bagaimana cara memilih karpet yang bagus untuk rumah Anda.
  • Pilihlah Karpet Berdasarkan Fungsi Ruangan.
Anda harus menentukan fungsi suatu ruangan. Jika berfungsi sebagai kamar tidur yang berarti akan ada lalu lintas yang tidak terlalu padat, Anda bisa memilih karpet berkualitas tinggi yang mewah dan lembut. Untuk area yang paling sering digunakan seperti ruang keluarga atau ruang tamu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan karpet berkualitas baik. Untuk ruang makan, Anda harus menggunakan karpet yang dapat dengan mudah dibersihkan. Fungsi ruangan merupakan salah satu pertimbangan penting dalam memilih karpet.
tips memilih karpet, cara memilih karpet, tips memilih karpet bulu, cara memilih karpet yang bagus, tips memilih karpet kamar tidur, tips memilih karpet lantai, tips memilih karpet rumah, tips memilih karpet ruang tamu, tips memilih warna karpet

Karpet Ruang Tamu

  • Pilih Karpet Ramah Lingkungan.
Pilih karpet yang terbuat dari bahan alami seperti wol, rami dan bahan organik lainnya. Pilih juga karpet yang tidak menggunakan bahan pewarna kimia atau pewarna organik untuk menghindari bakteri dan hewan lainnya di rumah Anda. Ada juga karpet yang terbuat dari bahan daur ulang yang juga ramah lingkungan.
  • Pilih Warna Yang Tepat.
Pilihlah warna-warna karpet yang terang dapat membuat ruangan terlihat lebih luas, sementara nuansa gelap seperti merah dapat membuat ruang besar menjadi elegan. Anda juga dapat memilih warna biru atau hijau untuk suasana dingin dan santai. Tapi Anda juga dapat mencoba warna-warna netral dan hangat untuk karpet agar dapat menyatu dengan lingkungan.
  • Pilih Karpet Polos atau Bermotif.
Pilihan lain yang harus Anda perhatikan adalah memilih karpet yang memiliki pola dan motif atau hanya karpet dengan warna polos. Karpet bermotif bisa membaut noda di karpet tidak begitu terlihat dan dapat menjadi titik fokus yang baik di ruangan. Tapi jika Anda ingin menonjolkan bagian lain dari rumah, Anda dapat menggunakan karpet yang polos dengan warna terang.
tips memilih karpet, cara memilih karpet, tips memilih karpet bulu, cara memilih karpet yang bagus, tips memilih karpet kamar tidur, tips memilih karpet lantai, tips memilih karpet rumah, tips memilih karpet ruang tamu, tips memilih warna karpet

Karpet Melingkar

  • Tentukan Jenis dan Gaya Karpet.
Ada beberapa jenis karpet yang berbeda berdasarkan tekstur yang tergantung pada tumpukannya. Pile adalah permukaan atas karpet yang bervariasi dengan tinggi dan kepadatan yang berbeda-beda. Karpet yang tahan lama adalah jenis karpet yang ditenun dengan ketat dan ada jahitan dan jumbai lebih per inci persegi. Ada jenis karpet Tumpukan melingkar adalah jenis yang paling umum dari karpet yang terbuat dari benang yang dilingkarkan pada ketinggian yang sama dan dipotong dengan berbagai ketinggian dari pendek ke shaggy. Karpet jenis ini tahan lama untuk penggunaan sehari-hari dan mudah dibersihkan.
  • Pertimbangkan Serat Bahan Karpet
Sebagai pemilik rumah Anda perlu memperhatikan serat karpet karena dapat berkaitan dengan umur karpet yang dapat digunakan untuk waktu yang lama dan juga akan mempengaruhi harga. Ada bahan-bahan alami dan sintetis yang digunakan untuk seratnya. Anda dapat memilih mana yang terbaik untuk rumah Anda. Beberapa bahan serat karpet yang paling umum digunakan adalah Wol karena tahan api, tahan abrasi, mudah dibersihkan, hangat, kuat dan awet. Ada jenis wol dari yang murah hingga yang mahal tergantung pada kualitasnya.
  • Perhatikan Teknik Manufaktur/Pembuatan Karpet.
Tenun adalah metode tradisional dalam membuat karpet. Teknik ini menghasilkan karpet yang tahan lama dan menarik. Karpet bergelombang adalah yang paling mahal dalam hal metode manufaktur. Tufting adalah teknik yang saat ini banyak digunakan dalam pembuatan karpet karena lebih cepat dan lebih murah daripada tenun. Teknik ini juga mampu menghasilkan desain yang lebih banyak.
  • Rencanakan Pembersihan dan Pemeliharaan Karpet.
Ketika membeli karpet, berpikirlah bagaimana karpet bisa dibersihkan dan dirawat dengan mudah. Jangan membeli karpet yang membutuhkan pemeliharaan tinggi karena akan menghabiskan waktu.Sebaiknya jangan membersihkan karpet yang harus dibersihkan jika Anda memiliki anak-anak kecil. Sebaliknya, gunakan karpet tahan noda sehingga Anda akan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk membersihkannya.
  • Pilih Bahan Padding Yang Baik.
Seiring dengan memilih karpet selanjutnya adalah memilih bahan padding yang baik. Padding ditempatkan antara subfloor dan karpet di atasnya yang meningkatkan kinerja karpet tersebut. Padding memberikan nilai seni tambahan, kenyamanan, isolasi termal dan melindungi karpet sehingga lebih tahan lama. Saat membeli karpet biasanya sudah tersedia dengan padding dan ada juga yang tanpa padding. Padding biasanya dibuat dari bahan yang memberkan isolasi yang baik dan tahan lama, karet busa adalah bahan yang baik untuk sebagai padding karpet dengan penggunaan yang padat, karet busa yang merupakan bahan bantalan yang paling tahan lama dan lebih murah atau dari busa Urethane baik yang terikat (firmest), denfisied prime atau prime (lembut).

*Sumber : tiperumahminimalis.blogspot.com


GRIYA SATRIA
twitter : @griyasatriapwt

PT. BINA AGUNG DAMAR BUANA
Jalan Yos Soedarso No. 94 Purwokerto

Cara Memilih Karpet yang Bagus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat