Menyiasati Ruang pada Rumah Minimalis

Penggunaan dinding yang kokoh seperti tembok terkadang dapat mengurangi sumber pencahayaan, yang mengakibatkan rumah menjadi panas dan lembab terutama untuk rumah di kawasan tropis. Tapi, bila memang diharuskan, Anda bisa menggunakan dinding pembatas selain dari bahan tembok, sehingga pembatas bisa juga berfungsi sebagai bagian dari aplikasi desain interior yang bagus dan menarik. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menyiasati ruang pada rumah minimalis.

menyiasati ruang sempit, menyiasati ruang keluarga sempit, menyiasati ruang tamu kecil, menyiasati ruangan tanpa jendela, menyiasati ruang dapur sempit, menyiasati ruangan panas, menyiasati ruang bawah tangga, cara menyiasati ruangan kecil, tips menyiasati ruang sempit, menyiasati ruangan lembap, menyiasati ruangan tanpa sekat

Partisi Imaginer

1. Bukaan lebar
Bukaan lebar dapat Anda terapkan di ruang makan atau di ruang tamu. Bentuknya bisa berupa pintu geser atau pintu folding. Anda bisa membuat bukaan yang lebar dengan mengarahkan keluar rumah yaitu ke taman atau kolam dan juga bisa ke teras. Bukaan lebar juga bisa diterapkan di ruang tidur utama Anda yang memiliki teras atau taman pribadi/privat.

Penggunaan bukaan lebar, setidaknya bisa memenuhi 2 aspek rumah ideal yakni pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang cukup. Memberikan bukaan yang lebar juga mempermudah Anda saat akan extended atau memperluas ruang ketika dibutuhkan. Misalnya saja kalau ada pesta keluarga, arisan atau pengajian.

2. Partisi yang bisa dipindahkan (movable partition)
Umumnya pada sebagian rumah minimalis modern akan memperkecil ruang tamu bahkan ada juga yang menghilangkannya. Hal ini karena selain keterbatasan ruangan, biasanya keluarga modern jarang juga menggunakan ruang tamu khusus untuk menerima tamu. Sehingga ruang tamu jarang digunakan. Maka dari itu, sebuah partisi yang bisa dipindahkan, digeser atau dilipat, dapat menjadi pilihan Anda.

menyiasati ruang sempit, menyiasati ruang keluarga sempit, menyiasati ruang tamu kecil, menyiasati ruangan tanpa jendela, menyiasati ruang dapur sempit, menyiasati ruangan panas, menyiasati ruang bawah tangga, cara menyiasati ruangan kecil, tips menyiasati ruang sempit, menyiasati ruangan lembap, menyiasati ruangan tanpa sekat
Split Level
3. Partisi Imaginer
Partisi imaginer adalah bagian dari interior rumah yang dapat menimbulkan kesan pembeda ruang. Namun cahaya dan sirkulasi udaranya masih tetap terjaga. Dalam hal ini Anda bisa menghadirkan ragam kreasi misalnya dari kayu bekas yaitu dolken atau kumpulan bambu disusun menyerupai pagar atau sekat dengan bahan kaca.

4. Lantai, split level sampai karpet
Untuk memberikan kesan pembeda untuk ruangan, sebetulnya Anda dapat membedakan tanpa harus membuat partisi yaitu dengan selembar karpet yang lebar di ruang keluarga sebagai pembeda ruang yang satu dengan ruang lainnya.

Selain itu, penggunaan keramik atau warna cat dinding yang berbeda bisa menciptakan kesan yang Anda inginkan. Sedangkan membuat split level akan membuat salah satu bagian ruang ditinggikan dengan lantai kayu. Lantai yang lebih tinggi itu bisa sekaligus Anda fungsikan sebagai storage yaitu tempat menyimpan karpet dan keperluan lainnya.

*Sumber : desaindenahrumah.com


GRIYA SATRIA
twitter : @griyasatriapwt

PT. BINA AGUNG DAMAR BUANA
Jalan Yos Soedarso No. 94 Purwokerto

Desain Ruangan Rumah Minimalis Modern

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik