Tips Membersihkan Kamar Mandi

Selain rawan sebagai sarang kuman apabila kurang terawat dengan baik, kamar mandi juga menjadi cerminan kesehatan dari sang pemilik rumah. Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi. Berikut cara membersihkan kamar mandi yang dapat Anda terapkan di rumah:
membersihkan kamar mandi dengan baking soda, petunjuk membersihkan kamar mandi agar terhindar dari penyakit dbd, cara membersihkan lantai kamar mandi agar tidak licin, tips membersihkan kamar mandi secara alami, cara membersihkan kamar mandi yang ampuh, cara membersihkan kamar mandi berkerak, cara efektif membersihkan kamar mandi, cara membersihkan granit kamar mandi

Tirai Kamar Mandi

  • Dinding dan Lantai Kamar Mandi
Sisa air sabun yang menempel di lantai dan dinding kamar mandi lama kelamaan akan menimbulkan kerak bila tak segera dibersihkan. Bahkan bisa berwarna kekuningan. Lumut pun bisa tumbuh di dinding yang lembab. Untuk menghilangkannya, Anda wajib menuangkan air sabun ke atas noda dan menggosokkannya dengan batu apung, lalu bilas dengan air.

Selanjutnya taburkan bubuk kaporit dan diamkan selama 30 menit hingga 1 jam hingga berbuih. Bilas kembali dengan air dan baru disikat menggunakan air sabun. Langkah terakhir, taburkan asam nitrat (bisa dibeli di toko kue) pada keramik yang telah dibasahi, diamkan sampai waktu satu jam. Bilas dengan air dan kemudian lap hingga kering.
  • Saluran Pembuangan Air
Untuk mengatasi saluran pembuangan air atau drainase yang tersumbat akibat adanya kotoran, Anda bisa menyiasatinyad dengan menuangkan 50-60mg baking soda ke dalam drainase Anda. Selanjutnya tuangkan juga takaran cuka putih dalam takaran yang sama. Biarkan hingga 15 menit, tuang dengan satu teko air mendidih serta beberapa gayung air dengan suhu normal.
  • Tirai
Untuk membedakan antara area kering dan area basah dalam kamar mandi, sebagian besar orang menggunakan tirai sebagai pemisahnya. Namun, tirai yang berada di kamar mandi merupakan tempat yang sempurna untuk kuman berkembang biak.

Untuk membersihkan tirai kamar mandi, maka Anda harus mencucinya dengan air hangat dicampur dengan sabun, minimal dua minggu sekali. Setiap kali Anda mandi, jangan lupa melipat tirai ke arah atas, agar kuman tidak mampu bersarang di kamar mandi.
  • Kloset
membersihkan kamar mandi dengan baking soda, petunjuk membersihkan kamar mandi agar terhindar dari penyakit dbd, cara membersihkan lantai kamar mandi agar tidak licin, tips membersihkan kamar mandi secara alami, cara membersihkan kamar mandi yang ampuh, cara membersihkan kamar mandi berkerak, cara efektif membersihkan kamar mandi, cara membersihkan granit kamar mandi
Kamar Mandi Sehat
Anda dapat menggunakan campuran air cuka untuk membersihkan kloset. Siram dengan air hangat dan sikat menggunakan campuran air sabun. Anda kemudian harus membilasnya lagi dan mengelapnya dengan cairan disinfektan pada kloset Anda. Jika kloset Anda mampet, taburkan garam sebesar 1 kg dan diamkan beberapa saat baru kemudian menyiramnya kembali. 
  • Kran
Kran seringkali disepelekan pembersihannya, padahal benda yang satu ini merupakan tempat keluarnya air di kamar mandi. Anda juga wajib membersihkannya seperti bagian kamar mandi yang lain.

Untuk membersihkannya, Anda bisa mengosokkan cuka putih dengan kapas pada kepala keran. Tinggal diamkan 30 menit hingga 1 jam agar cuka tersebut menjadi larut. Selanjutnya baru dibilas dengan air hangat dan nyalakan keran selama 30 detik hingga 1 menit. Pastikan jika tidak ada air yang ditampung di bak mandi saat membuka keran ini. Karena air ini mengandung kotoran yang melekat pada kepala keran.

*Sumber : rumahku.com


GRIYA SATRIA
twitter : @griyasatriapwt

PT. BINA AGUNG DAMAR BUANA
Jalan Yos Soedarso No. 94 Purwokerto

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela