Tips Memilih Tanaman Hias untuk Taman

Memilih tanaman hias sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Selain disesuaikan dengan selera pemilik rumah, tentu saja kita pun harus memahami jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam di sekitar area rumah. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk memilih tanaman hias untuk taman.

Pilih tanaman yang tahan panas
Suhu udara di luar ruangan kerap membuat tanaman yang kita idamkan tidak tumbuh dengan semestinya. Misalnya daun yang sering rontok ataupun bunga yang cepat gugur. Solusinya adalah dengan memilih jenis tumbuhan yang tahan dengan udara panas di Indonesia. Ada beberapa tips dalam mengenali tanaman hias yang tahan panas. 

tips memelih tanaman hias,memilih tanaman hias indoor yang tepat, cara memilih tanaman hias yang baik, cara memilih tanaman hiasan, memilih dan merawat tanaman hias dalam ruangan, teknik memilih bibit tanaman hias, bagaimana cara memilih tanaman hias, cara memilih tanaman hias

Tanaman Hias Indoor

Mulailah dengan memperhatikan ketebalan daun. Semakin tebal daun maka akan semakin tahan terik matahari. Kemudian dengan meraba permukaan daun. Apabila terasa seperti ada lapisan minyak mengkilap, artinya tahan panas. Bisa juga dengan melalui ada tidaknya bulu dan duri yang tumbuh di rantingnya serta ukuran bunga yang kecil.

Tanam di dalam pot
Ketika Anda ingin membuat sebuah halaman di tanah yang sempit, cobalah untuk menanam pepohonan di dalam beberapa pot. Kelebihan penggunaan media pot daripada langsung ditanam di tanah adalah praktis, mudah dipindahkan, mudah merawatnya, dan halaman menjadi rapi. Selain itu penggunaan pot juga agar halaman tidak terlalu rimbun dan terbebas dari kesan kumuh.

Tanaman hias indoor
Belakangan ini muncul gaya rumah dengan halaman yang ada di dalam ruangan. Anda bisa menerapkannya dengan memilih tumbuh-tumbuhan yang bisa hidup di suhu ruangan dan tahan dengan tingkat kelembaban yang rendah. Ada dua jenis tanaman yang bisa dinikmati di dalam ruangan yaitu jenis tanaman berbunga dan jenis tanaman berdaun. Sebagai contoh tanaman berbunga adalah anggrek, mawar, dan lain-lain. Sedangkan untuk tanaman berdaun adalah gelombang cinta, lidah mertua, sanseviera, dan sebagainya.

tips memelih tanaman hias,memilih tanaman hias indoor yang tepat, cara memilih tanaman hias yang baik, cara memilih tanaman hiasan, memilih dan merawat tanaman hias dalam ruangan, teknik memilih bibit tanaman hias, bagaimana cara memilih tanaman hias, cara memilih tanaman hias
Tanaman Hias Gelombang Cinta
Mudah dirawat
Tidak mau kan rumah Anda terlihat berantakan karena tumbuhan yang hidup secara liar? Karena itu sangat dianjurkan untuk memilih tanaman yang mudah dirawat. Selain Anda tidak perlu repot-repot selalu membersihkan halaman, keindahan halaman rumah pun akan terjaga lebih lama. Dracaena, sanseviera, philodendron adalah contoh tanaman yang masuk ke dalam kriteria ini.

Berdaun kecil
Tanaman berdaun kecil sangat cocok untuk menghasilkan halaman rumah berseni. Anda bisa memangkasnya menjadi bentuk tertentu sehingga didapatkan harmonisasi dengan ruangan sekitar. Anda juga bisa memilih daun berwarna selain hijau untuk menimbulkan kesan yang unik. Sebagai contoh tanaman dengan daun kecil adalah jenis pohon teh.

Sumber oksigen
Jangan lupa untuk memperhatikan fungsi utama sebuah halaman adalah sebagai sumber udara segar dan menjaga sirkulasi oksigen di sekitarnya. Pilihlah pepohonan yang bisa memproduksi oksigen dalam jumlah banyak. Ciri-cirinya adalah berwarna hijau segar serta menyukai sinar matahari.

*Sumber : artikel.okeschool.com


GRIYA SATRIA
twitter : @griyasatriapwt

PT. BINA AGUNG DAMAR BUANA
Jalan Yos Soedarso No. 94 Purwokerto

Tips Memilih Tanaman untuk Taman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat