Tips Menjaga Rumah Agar Selalu Sehat

Hidup yang sehat berawal dari rumah yang sehat pula. Ungkapan tersebut menggambarkan besarnya peran rumah dalam mendukung kesehatan keluarga. Agar rumah menjadi sehat, tentu harus dijaga kebersihannya. 
Rumah yang kotor pasti akan menjadi sarang dari kuman dan penyakit. Sebenarnya ada beberapa cara untuk merawat rumah agar selalu bersih dan sehat, yaitu :
1. Membersihkan rumah secara teratur
Rumah yang nyaman bisa tercipta dalam sebuah rumah yang bersih dan terawatt. Untuk ini, tidak cukup hanya dengan menyapu lantai, tapi juga mengepel dengan menggunakan pembersih lantai yang mengandung zat pembunuh kuman secara teratur.
2. Menghisap debu dengan vacuum cleaner
Berada di daerah tropis, tentu membuat debu menjadi “sahabat” bagi rumah kita. Untuk menghilangkannya, terutama debu-debu halus yang tidak terlihat, gunakanlah vacuum cleaner secara teratur.
3. Ventilasi yang cukup
Rumah tanpa udara yang cukup tentu saja tidak sehat. Itulah mengapa penting sekali memikirkan kecukupan ventilasi untuk menjaga kesehatan rumah. Pastikan jendela dibuka setiap pagi agar udara segar bisa masuk ke dalam rumah. Semakin baik ventilasi suatu rumah, maka pergantian udara di alam rumah tersebut juga semakin baik. Namun, di satu sisi Anda harus lebih sering berhadapan dengan debu yang dibawa oleh udara.
4. Rawat binatang peliharaan secara teratur
Binatang seperti kucing dan anjing sering menjadi bagian anggota keluarga. Sayangnya, hewan-hewan tersebut sering meninggalkan bulu-bulu yang bisa menjadi sumber penyakit. Meskipun demikian, dengan merawatnya secara teratur, Anda bisa menghindari segala jenis penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh kehadiran binatang di dalam rumah. Pastikan binatang yang ada dimandikan secara teratur sehingga kebersihannya terjaga.
5. Bersihkan karpet
Karpet bisa menjadi sumber penyakit di dalam rumah. Karena itu, pastikan bahwa karpet dicuci secara teratur. Selain itu, karpet juga harus dijemur secara berkala untuk menghilangkan debu dan membunuh kuman.
6. Jaga kelembaban udara
Rumah yang sehat sangat erat kaitannya dengan kelembaban. Tentu saja, yang bagus adalah rumah yang bertemperatur normal. Untuk mejaga kelembaban ideal rumah, yang perlu anda lakukan adalah memastikan agar cahaya matahari bisa masuk secara teratur, serta adanya sistem pergantian udara yang baik di dalam rumah.
7. Hindari penggunaan pembersih rumah berbahan kimia
Dewasa ini banyak sekali pembersih rumah berbahan kimia. Kabar buruknya adalah bahan kimia yang digunakan bisa membuat rumah tidak sehat. Terkait dengan hal ini, sebaiknya gunakan pembersih yang tidak terlalu berlebihan mengandung bahan kimia.
8. Jemur kasur, bantal dan selimut secara berkala
Rumah tentu saja tidak bisa dipisahkan dari kamar tidur. Nah, terkait dengan tempat tidur Anda perlu menjemur secara berkala kasur dan bantal dengan tujuan untuk membunuh kuman. Kamar tidur yang terjaga kebersihannya akan sangat bagus untuk kesehatan rumah dan penghuninya.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari