Manfaat Baking Soda untuk Membersihkan Rumah

Mungkin tak terbersit di pikiran kita jika baking soda ternyata bisa juga digunakan untuk membersihkan rumah. Yang lebih mengagumkan lagi, banyak peralatan rumah tangga yang bisa dibersihkan oleh si tepung putih ini. Selain lebih hemat, baking soda pun mudah didapat. 
Sehingga Anda pun lebih mudah dan praktis ketika akan bersih-bersih. Berikut beberapa manfaat baking soda yang yang bisa digunakan :
1. Mengusir Bau Tidak Sedap
Baking soda bisa menjadi pengusir bau tak sedap yang ampuh. Anda bisa membuktikannya dengan mengaplikasikan soda kue ini pada karpet ruangan. Taburkan baking soda ke permukaan karpet, lalu biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan bubuk soda tersebut dengan vacum cleaner, karpet pun tidak berbau lagi.
Hal yang sama juga bisa anda terapkan untuk mengatasi bau di lemari pakaian. Anda bisa memasukkan sepiring kecil baking soda di salah satu sudut lemari. Selain itu, boneka mainan anak yang kerap berbau juga bisa dituntaskan memakai bantuan baking soda ini. Anda bisa memilih, mencuci boneka dengan baking soda atau cukup menaburi permukaannya saja.
2. Membersihkan Permukaan Benda dari Noda Membandel
Jika Anda merasa kurang sreg menggunakan pembersih kimia, maka baking soda bisa menjadi alternatifnya. Taburkan serbuk soda kue secukupnya, lalu gosok dengan sikat. Langkah terakhir, bilas kembali dengan air bersih.
Sementara untuk mengembalikan kilau perabotan berbahan perak , campurkan baking soda dan cuka untuk menghilangkan karat. Rendam perabotan  terlebih dahulu di cairan ini, lalu sikat permukaannya sampai bersih.
3. Mensterilkan Peralatan Kecantikan
Bagi Anda yang ingin membersihkan peralatan kecantikan seperti sisir, penjepit rambut, dan lain-lain, menyikatnya saja tidak bisa membuatnya steril. Nah, untuk tetap menjaga semua peralatan ini dari kuman dan bakteri, anda bisa menggunakan campuran air panas dan baking soda. Cukup rendam peralatan tersebut di cairan tadi. Selanjutnya, bilas dengan air bersih.
4. Menghilangkan Noda Membandel di Eksterior
Bagian eksterior rumah yang rawan terkena kotoran, bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan soda kue. Setelah permukaan eksterior, seperti kaca dan lantai telah dilap, kemudian taburkan soda kue ini. Tunggu sekitar 15 menit agar soda kue menyerap semua noda membandel. Setelah itu, Anda bisa menyekanya memakai lap basah.
5. Membersihkan Garasi Mobil
Garasi mobil biasanya tampak sangat kotor akibat oli dan gemuk yang susah dihilangkan. Untuk menghilangkan nodanya,, coba gunakanlah baking soda sebagai pembersih ruangan. Taburkan soda kue ke lantai garasi, lalu sikat dengan bantuan sedikit air. Bilas kembali lantai ruangan, hasilnya garasi tampak bersinar lagi.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari