Tips Mengakali Dapur Sempit Agar terlihat Lega

Memiliki dapur yang mungil bukanlah akhir dari segalanya. Anda tetap bisa memiliki dapur yang cantik yang diidamkan banyak orang. Hanya saja memang butuh ketelitian dan ketelatenan dalam menata ruang dapur di rumah kita. Jika Anda berhasil menerapkannya, maka dapur mungil yang nyaman dan fungsional pun bisa Anda miliki. 
Berikut beberapa tips untuk mengakali dapur sempit agar terlihat lebih lega :
1. Tata semua barang di dapur dengan rapi
Cobalah untuk menata semua barang Anda di dapur. Hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang berukuran terbatas menjadi efisien adalah menjaga kerapihan.
2. Lepas dari “pakem”
Tak ada salahnya keluar dari “pakem” dalam memberi sentuhan terhadap dapur Anda. Bukalah pikiran dan beri kesempatan agar "pakem" yang selama ini Anda gunakan untuk menata dapur bisa diubah. Misalnya, lepaskan pintu lemari dapur dan biarkan isi lemari dapat terlihat dengan mudah. Jika enggan membiarkan lemari dapur terbuka, gunakan pintu kaca.
3. Ciptakan kohesi untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas.
Tumpukan barang, termasuk piring, membuat dapur Anda tampak penuh. Solusinya ialah cat dinding dengan warna putih, dan gunakan piring berwarna putih pula. Piring yang menumpuk akan tampak "menghilang" dan membuat dapur terasa lebih rapi dan lebih luas.
4. Sesuaikan ukuran serta jumlah peralatan memasak dan peralatan makan-minum dengan luas dapur.
Jika hidup sendiri, Anda tidak perlu menggunakan penanak nasi (rice cooker) berukuran besar. Anda pun belum tentu membutuhkan dua lusin piring, dan gelas berukuran besar.
5. Buatlah dapur terang.
Dapur yang terang juga menandakan dapur yang sehat. Pastikan dapur memiliki akses ke sinar matahari, serta tunjang juga dengan pencahayaan artifisial. Dapur yang gelap akan lebih lembab. Terlebih, jika dapur sama sekali tidak memiliki akses ke sinar matahari alami.
Pastikan permukaan meja dapur (countertop) juga tidak gelap. Berikan lampu pada bagian bawah lemari dapur. Cara ini membuat kegiatan masak-memasak pun lebih mudah.
6. Gunakan furnitur multi guna.
Menempatkan meja kecil di dapur berukuran mungil adalah ide yang baik. Gunakan meja sebagai "island" atau permukaan tambahan untuk memasak, juga gunakan untuk menyantap makanan. Fungsional, dan hemat tempat.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari