Bunga Hias yang Mudah Perawatannya

1. Bunga Melati
Bunga melati mudah ditanam di pot maupun area terbuka dekat rumah, Namun agar dapat tumbuh lebih baik, bunga melati lebih baik ditanam pada area terbuka karena bunga yang satu ini membutuhkan cahaya matahari. Jika Anda menanamnya pada tempat tertutup tetap usahakan untuk mendapatkan cahaya matahari cukup dipagi hari.tanamlah pada lahan yang kaya akan organik dengan pH kira kira 6 hingga 7. Jika anda ingin menanamnya dengan menggunakan media pot anda dapat mencampurkan tanah dengan pupuk kandang, sekam lapuk ataupun sekam bakar.
Untuk bibit anda dapat menanamnya dengan teknik stek atau cangkok , stek tanaman ditanam terlebih dahulu di polibag sebelum anda memindahkannya ke media tanam selanjutnya.
2. Bunga Asoka
Bunga ini senang dengan cahaya sehingga jika anda menanam bunga asoka dan meletakkannya didalam rumah setidaknya anda harus mengeluarkannya seminggu 3 kali agar tanaman ini mampu bertahan hidup.
Penanaman bunga asoka tidak membutuhkan tehnik khusus dan caranya sangat mudah, Anda dapat mengambil tanaman asoka beserta akarnya lalu memindahkannya pada media yang Anda kehendaki. Siramilah secara teratur.
Jika Anda ingin bunga asoka bunganya awet untuk berbunga jangan lupa untuk melakukan pemangkasan. Setelah bunga asoka gugur sebaiknya memotongnya agar muncul tunas baru agar berbunga lebih cepat. Jangan lupa untuk menjaga kesuburan tanah dengan memberikannya pupuk dan melakukan penyiraman secara rutin.
Bunga Bougenville
Bougenville sebenarnya berasal dari daerah afrika selatan. Namun bunga ini sangat cocok dengan iklim tropis Indonesia. Kebutuhannya akan sinar matahari juga cukup banyak yakni sekitar 70 persen. Anda dapat memvariasikan bunga bougenville . sesuai warna kegemaran Anda. Yakni dengan teknik tempel sehingga bunga dapat menjadi warna warni (merah, putih susu, kuning, oranye, pink dan ungu). Biasanya bougenville akan berbunga diwaktu musim kemarau. Jika anda ingin memperbanyak bunga ini Anda dapat menanamnya dengan sistem cangkok.
Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu membutuhkan cahaya matahari yang banyak sehingga jika Anda menempatkannya pada tempat yang minim akan cahaya matahari biasanya akan sulit untuk berbunga. Untuk melakukan perawatan jangan lupa untuk menyiraminya secara rutin terlebih lagi saat mudim kemaru.
Bunga Kemuning

Kemuning merupakan jenis bunga yang berbunga sepanjang tahun dengan warna putih bersih dan berbau harum. Kemuning sangat mudah dalam perawatannya namun yang jadi kelemahan dari bunga ini daunnya cukup banyak sehingga daun yang jatuh juga akan banyak oleh karena itu Anda harus rajin rajin membersihkan daerah sekitarnya.
Pengembangan bunga kemuning dapat anda lakukan melalui biji yang sudah tua kemudian dijemur agar kering dan kemudian disemaikan di polibag. Setekah Anda menanam kemuning tentunya juga dibutuhkan perawatan. Bunga ini butuh cahaya matahari yang banyak dan kurang suka dengan air sehingga penyiraman dapat anda lakukan jika melihatnya kering. Terlalu banyak penyiraman dapat membuat terlalu lembab sehingga mudah mati.
Bunga Kenanga
Bunga kenanga merupakan bunga asli Indonesia. Bunga kenanga senang dengan iklim lembab dan panas. Bunga kenanga memiliki aroma yang cukup harum dengan warna kuning indah. Untuk menanamnya, dapat menggunakanbijinya. Pilih biji yang benar-benar tua untuk ditanam. Untuk perawatannya jangan lupa untuk memberinya pupuk dan menyiraminya secara rutin.
Bunga Alamanda


Bunga alamanda memiliki warna kuning, banyak orang menyebutnya sebagai bunga terompet emas ataupun bunga lonceng kuning. Jika Anda ingin menanam bunga ini Anda dapat menanamnya dengan stek batang dengan mengambil batang sekaligus akarnya dari tanaman induk. Tanam di tempat teduh dan lembab. Tanam bunga ini pada media yang subur, Anda dapat membuat media dengan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Jika bunga ini sudah tumbuh perlu untuk dilakukan perawatan. Selain dengan melakukan penyiraman, Anda juga perlu untuk melakukan penyiangan dan jangan lupa untuk melakukan pemupukan secara berkala.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi