Tips Membersihkan Kusen Aluminium

Saat ini mulai banyak masyarakat yang menggunakan kusen aluminium untuk pintu dan jendela rumahnya. Pertimbangan dari segi praktis dan modern, menjadi alasan mereka untuk menggunakan kusen dari bahan ini.
Sebenarnya sah-sah saja menggunakan kusen berbahan aluminium. Selain membuat tampilan rumah tampak lebih kekinian, kusen aluminium tetap awet jika kita mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam perawatannya. Karena digunakan untuk membingkai pintu dan jendela, tentulan kusen ini pun mudah terkena kotor. Sehingga tetap perlu dibersihkan agar tidak berkarat dan keropos.
Berikut cara membersihkan kusen dari bahan aluminium dengan tepat :
  1. Jika tidak ada celah antara kusen dan pintu atau jendela, semprot dengan air slang guna meluruhkan debu dan kotoran. Jika terdapat kebocoran di antara kusen dan pintu atau jendela, pakai lap basah untuk menyeka bagian-bagian tersebut.
  2. Gosok menggunakan larutan deterjen atau bahan pembersih aluminum. Ikuti petunjuk pemakaian produk yang Anda pakai dan tes di bagian kecil yang tersembunyi terlebih dulu.
  3. Lap kembali seluruh permukaan aluminium memakai kain lembap mulai dari bagian paling atas lalu turun ke bawah agar air kotor tidak menetes ke bagian yang telah dibersihkan.
  4. Bilas menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan produk pembersih.
  5. Lap hingga kering.

Cara Memoles Aluminum
Untuk mengembalikan kilau asli aluminium setelah selesai dibersihkan, Anda bisa memolesnya. Pemolesan hanya diperlukan untuk aluminium yang tidak berlapis cat. Gunakan sabut baja halus yang dibasahi. Bahan ini biasanya juga dipakai untuk mencuci panci dan peralatan memasak yang terbuat dari aluminium. Proses memoles mungkin memakan cukup banyak waktu.
Seiring usia dan sebagai akibat pengaruh cuaca dalam jangka panjang, aluminium akan mengalami reaksi oksidasi yang mengubah warnanya. Jika kusen aluminum Anda mulai menunjukkan tanda-tanda berkarat, segera hubungi jasa pembersih aluminium profesional sebelum karat tersebut telanjur menggerogoti pintu, jendela, dan kusen aluminium Anda.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari