Tips Mengatasi Cat Dinding Mengelupas

Seringkali kita menjumpai cat dinding yang masih baru tapi sudah rusak dan mengelupas. Tentu jika hal ini terjadi pada rumah kita, kita pun bakal merasa kesal dan segera mengecat ulang dinding rumah. Namun, sebelum melakukannya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu penyebab cat bisa mengelupas dan solusi mengatasinya. 
Penyebab cat dinding mengelupas :
• Kondisi tembok baru mungkin belum benar-benar kering saat dicat.
• Penggunaan dempul atau plamir dinding yang mutunya rendah, sehingga pada saat dicat, dempul atau plamir tersebut terangkat atau beberapa waktu kemudian.
• Tidak menggunakan cat dasar / alkali primer atau bisa juga cat dasar / alkali primer yang digunakan tidak sesuai dengan sistem pengecatan akhir.
• Pengecatan pada permukaan yang mengandung debu, kotoron, atau minyak sehingga daya rekat cat menjadi berkurang.
• Kebanyakan yang sering terjadi adalah pada saat mengecat ulang, lapisan cat lama tidak dikerok terlebih dahulu, sehingga lapisan cat lama yang daya lekatnya kurang, mudah tertarik atau terkelupas oleh lapisan cat baru yang mutunya lebih tinggi. Atau bisa juga pengecatan dilakukan diatas cat yang lama sudah mengapur, sehingga mudah mengelupas.
Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab yang menjadi pencetus mengelupasnya cat dinding rumah Anda, maka solusi yang harus dilakukan adalah :
• Memperbaiki sumber kebocoran, agar air tidak merembes ke dinding
• Mengerok lapisan cat yang terkelupas sampai terlihat permukaannya. Kemudian bersihkan permukaan dari debu dan kotoran, baru kemudian melapisinya dengan cat dasar atau alkali primer. Biarkan cat dasar tersebut mengering secara sempurna.
• Gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik dimana daya rekat dan elastisitasnya baik, sehingga daya tahannya lebih lama dan tidak perlu terus-menerus mengulang pengecatan.  Gunakan cat tembok yang mengandung acrylic terutama untuk dinding luar. Ketika melakukan pengecatan, biarkanlah lapisan awal mengering sempurna baru aplikasikan lapisan yang kedua dan seterusnya.
• Menggunakan cat tembok dengan kualitas rendah memang harganya murah, tetapi jika dibandingkan dengan penggunaan cat tembok bermutu tinggi, maka selain daya rekatnya lebih baik, daya sebarnya lebih luas dan warnanya tidak mudah pudar serta tidak mengelupas asal diaplikasikan dengan cara yang benar.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari