Mencegah Dapur dari Bau Tak Sedap


Dapur menjadi salah satu sumber timbulnya bau tak sedap pada rumah Anda. Adanya aktivitas memasak yang menyisakan sisa bahan masakan serta peralatan memasak yang kotor, membuat dapur rentan sebagai tempat bersarang bakteri serta bau tak sedap. 


Sebenarnya ada beberapa cara unutk membuat dapur tetap bersih dan beraroma segar, yaitu sebagai berikut :
1. Bersihkan Kulkas Secara Rutin
Kulkas biasanya diisi dengan berbagai macam bahan makanan di kulkas. Karena sering menumpuk makanan di kulkas, tak jarang timbul bau kurang sedap pada dapur Anda. Karenanya, bersihkan kulkas secara rutin, minimal satu minggu sekali. Gunakan campuran satu baskom air dan tiga sendok makan baking soda, lalu tempatkan dalam botol spray.
Kosongkan seluruh isi kulkas, termasuk rak-rak. Semprotkan cairan baking soda, lalu seka dengan spons bersih. Bersihkan bagian freezer terlebih dulu baru bagian bawah. Saat memasukkan kembali makanan ke dalam kulkas, perhatikan tanggal kedaluwarsa. Jangan menempatkan bumbu masakan atau bahan makanan yang baunya menyengat agar kulkas tidak menyebarkan bau di dapur. Segera singkirkan makanan yang sudah rusak atau basi dari dalam kulkas.

2. Tempat Sampah Harus Selalu Kering dan Bersih
Jangan biarkan sampah kering maupun organik menumpuk di tempat sampah dapur Anda. Selain menimbulkan bau menyengat, juga mengundang kuman dan bakteri. Pastikan sampah-sampah dapur Anda dibuang setiap hari. Hal ini juga berlaku untuk katup dan tempat pembuangan sisa makanan di bawah wastafel. Untuk mengurangi bau, tuangkan beberapa sendok makan baking soda di lubang dan bawah wastafel.

3. Bersihkan Minyak dan Sisa Makanan di Kompor
Minyak dan sisa makanan bekas memasak yang menempel di kompor atau oven juga bisa jadi sumber bau di dapur. Bersihkan bagian atas kompor dengan campuran cuka dan air setiap selesai memasak. Caranya, angkat kerangka kompor dan singkirkan kerak-kerak serta minyak yang menempel. Lalu gosok seluruh bagian kompor dengan cairan pembersih tadi.

4. Cuci Lap dan Spons Pembersih
Alat untuk membersihkan peralatan dapur seperti spons dan lap, juga berpotensi membuat dapur Anda berbau tak sedap karena menyimpan jutaan bakteri. Sebaiknya setiap dua atau tiga hari, cuci spons dan lap dalam mesin cuci. Gunakan deterjen dan cairan pemutih untuk menghilangkan kuman, minyak dan kotoran dengan maksimal. Bisa juga direndam dalam air hangat yang sudah diberikan cairan pencuci piring. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan sisa-sisa sabun dengan air mengalir.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela