Tips Menata Ruang Makan

Keberadaan ruang makan tetaplah penting dalam sebuah rumah. Sebab, selain ruang keluarga, ruang makan menjadi tempat untuk bertemu dan berkumpulnya anggota keluarga. Dalam ruangan ini pula tak jarang menjadi tempat menyelesaiakan suatu masalah dengan lebih santau atau rileks.
Nah, agar Anda dan keluarga bisa lebih menikmati kebersamaan di ruang makan, maka ruangan ini pun harus ditata agar lebih cantik dan nyaman. Berikut beberapa tips untuk menatanya :
1. Setelah memilih meja makan, tentukan bentuk kursi makan dan sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi meja. Pilihlah kombinasi paling nyaman dan seimbang. Ketika duduk, tinggi meja berada di atas perut dan masih di bawah dada.
2. Ruang makan harus terang, baik bersumber dari cahaya alami atau melalui penerangan khusus. Sebaiknya letakkan meja dan kursi makan dekat jendela. Tambahkan lampu gantung di atas meja untuk menerangi makanan yang tersaji.
3. Pilihlah warna yang mampu membangkitkan selera makan, seperti warna merah, oranye, atau hijau yang dapat dijadikan aksen segar. Padukan dengan warna netral atau warna tanah, seperti cokelat muda, krem, hitam, atau putih.
4. Manfaatkan dinding ruang makan untuk kabinet pantry, rak penyimpan terbuka, atau memajang lukisan. Bila ingin lebih personal, tambahkan partisi ringan sebagai pembatas ruang makan dengan ruang lain.
5. Sesuaikan bentuk dan karakter meja makan dengan ukuran ruang dan tema desain.
6. Untuk mengantisipasi kebutuhan meja pesta, beli dan gunakan dua meja persegi (satu meja untuk makan keluarga, lainnya untuk pesta). Bila keluarga besar datang atau ada tamu khusus yang perlu dijamu, satukan dua meja itu. Secara instan, Anda memiliki satu meja persegi panjang untuk jamuan makan formal atau informal.
7. Pilih kursi makan yang nyaman, yaitu kursi yang bersandaran tegak. Sandaran punggung tinggi berkesan formal, sementara yang lebih rendah informal. Dudukan kursi makan harus rata, jangan yang terlalu empuk agar badan tidak ‘tenggelam’ saat kursi diduduki.
8. Meja dengan permukaan bahan yang bertekstur kasar sebaiknya dilapisi dengan lembaran kaca tembus pandang yang kuat atau sejenis tempered glass. Permukaan meja yang sudah di-finish rata dan mengilap bisa langsung digunakan. Bisa juga dengan menambahkan runner di tengah meja atau hanya alas piring.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik