Memilih Kitchen Set Minimalis Untuk Dapur Kecil

Memilih kitchen set minimalis - gampang-gampang susah. Pasalnya untuk memilih model tersebut, tidak seleluasa memilih model lain yang ukurannya lebih besar. Itu karena model sederhana ini harus mengakomodir aktivitas penggunanya dalam ruang yang kecil dan terbatas. Berikut ini adalah tips dalam memilih kitchen set minimalis untuk dapur kecil. 
1. Sesuaikan dengan fungsi dapur.
Misalnya seberapa sering dapur difungsikan untuk memasak ?  Berapa
peralatan masak yang diperlukan nantinya ? Apakah dapur juga digunakan untuk tempat makan atau ada ruangan khusus ? Jika digunakan sebagai tempat makan, berapa jumlah anggota keluarganya ?

2. Menentukan model.

tips memilih kitchen set, cara memilih kitchen set, memilih warna kitchen set, memilih bahan kitchen set yang tepat, memilih material kitchen set, tips memilih keramik kitchen set

kitchen set minimalis

Model kitchen set minimalis harus mampu menyiasati space yang terbatas dengan kegiatan di dapur yang utama, yaitu memasak (cooking), mencuci (sink) dan menyimpan (storage). Model kitchen set yang paling umum untuk dapur kecil adalah berbentuk lurus (single line) atau huruf L (L-shaped kitchen). Estetika setiap model akan ditentukan oleh selera masing-masing dalam pilihan warna, ukuran, dan model per item.
3. Menentukan bahan material.
Bahan atau material pembuat kitchen set bermacam-macam. Misalnya kayu solid atau kayu utuh seperti kayu jati, plywood seperti multipleks atau tripleks, partikel board dll. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal ketahanan maupun perawatan.

4. Pemasangan yang kuat.
Pemasangan kitchen cabinet harus cukup kuat untuk menyangga barang yang disimpannya. Kebanyakan kitchen set minimalis dipasang dengan merapat ke dinding dengan bagian atas (overhead) yang menggantung di dinding tersebut. Periksa dengan seksama kekuatan pemasangan kitchen set bagian atas itu.

tips memilih kitchen set, cara memilih kitchen set, memilih warna kitchen set, memilih bahan kitchen set yang tepat, memilih material kitchen set, tips memilih keramik kitchen set
alat penghisap asap
5. Lengkapi dengan alat penghisap asap (cooker hood).
Dapur kecil dengan luas yang terbatas udaranya lebih mudah panas dan pengap. Alat penghisap asap akan sangat berguna untuk mempertahankan kesegaran udara di dapur yaitu dengan membuang udara panas dan pengap ke luar ruangan. Sesuaikan bentuk dan model cooker hood dengan desain kitchen set secara keseluruhan. 

6. Reputasi produsen atau pemasang.
Akhirnya jangan tergiur dengan penawaran diskon atau harga murah dari pemasang baru yang reputasinya belum teruji. Lebih baik cari produsen atau pemasang yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia kitchen set ini.


*Sumber :dapur-modern.blogspot.com


GRIYA SATRIA
twitter : @griyasatriapwt

PT. BINA AGUNG DAMAR BUANA
Jalan Yos Soedarso No. 94 Purwokerto

Kitchen Set Minimalis Mungil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat