Cara Mengatur Dapur Minimalis

Dapur minimalis - Sebenarnya lebih mengedepankan fungsi daripada desain yang berlebihan. Tak hanya itu, faktor kerapihan dan kebersihan juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh pemilik dapur minimalis. Nah, bagaimana cara menata dan menjaga agar dapur minimalis Anda tetap rapi dan bersih? Simak tips mengatur dapur minimalis Anda agar terbebas dari bau tak sedap dan kondisi berantakan.

1. Letakkan barang yang tidak dipakai setiap hari dalam lemari penimpanan.
Contoh peralatan dapur yang mungkin tidak dipakai setiap hari adalah peralatan untuk memasak kue seperti mixer, loyang dan cetakan-cetakan kue. Jika Anda tidak membuat kopi atau roti panggang setiap hari, bisa juga menyimpan toaster dan mesin pembuat kopi di lemari sehingga tidak memenuhi countertop dapur minimalis Anda. Hal ini akan membuat dapur minimalis terlihat lapang dan luas.

2. Sediakan lemari yang berlaci banyak.
cara mengatur dapur, cara mengatur dapur minimalis, mengatur ruang dapur, mengatur perabot dapur, cara mengatur dapur sehat, tips mengatur dapur kecil, tips mengatur ruang dapur mini, tips mengatur dapur yang sempit

Dapur rumah minimalis

Dengan menyediakan banyak laci dan lemari penyimpanan untuk menyimpan barang yang jarang dipakai, akan membuat dapur minimalis anda terlihat rapi, bersih, lapang, juga luas.

3. Jangan pakai area kulkas sebagai penyimpanan barang
Segera buang semua kertas catatan dan magnet kulkas yang tidak terpakai lagi. Selain itu jangan gunakan area atas kulkas sebagai penyimpanan toples dan segala macam benda hingga berdebu karena jarang digunakan. Kembali lagi ke aturan pertama, bahwa semua benda yang jarang dipakai sebaiknya disimpan di lemari tertutup. Hal ini akan membuat dapur Anda terlihat lebih rapi, teratur dan terorganisir.

cara mengatur dapur, cara mengatur dapur minimalis, mengatur ruang dapur, mengatur perabot dapur, cara mengatur dapur sehat, tips mengatur dapur kecil, tips mengatur ruang dapur mini, tips mengatur dapur yang sempit
Dapur minimalis
4. Simpan barang Anda dengan urutan yang logis.
Letakkan tempat penyimpanan barang dengan barang-barang lain yang memiliki fungsi yang berhubungan. Misalnya letakkan rak piring di dekat tempat cuci piring, tempat bumbu dapur di dekat kompor agar ketika Anda memasak tak perlu jauh-jauh mengambilnya. Menempatkan peralatan & furnitur dapur dalam urutan logis dan saling berdekatan, akan dapat mempercepat pekerjaan Anda. Contoh, menempatkan ruang makan dengan dapur, tempat cuci dengan tempat penyimpanan piringnya, tempat bumbu masak dengan kompor, dan lain sebagainya.

5. Tata dengan baik benda-benda yang terdapat dalam lemari kaca transparan atau rak gantung.
Tata seindah dan seteratur mungkin untuk menghindarkan kesan berantakan pada dapur minimalis Anda. Hal ini penting karena barang-barang yang berada di dalam rak transparan atau rak gantung tanpa penutup, kondisi keadaannya bisa langsung terlihat oleh orang yang datang berkunjung ke dapur. 

6. Buatlah rak dinding.
Membuat rak dinding bisa menjadi sarana penghematan ruang untuk lemari penyimpanan. Namun penataan barang pada rak dinding juga harus diperhatikan setiap hari agar tidak terlihat berantakan sehingga memperburuk penampilan dapur minimalis Anda.

7. Pilah pilih barang yang dperlukan dan mana yang tidak.
Simpanlah peralatan dapur yang benar-benar berguna. Untuk yang tidak terpakai, sebaiknya segera singkirkan. Agar lemari Anda tidak penuh sesak dengan peralatan yang kurang memiliki fungsi. 

8.Biasakan untuk mengembalikan barang ketempatnya semula setelah dipakai.
Nah, satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu disiplin untuk mengembalikan barang ke tempatnya semula setelah dipakai. Selain menciptakan dapur minimalis yang selalu awet kerapian dan kebersihannya, juga akan mempermudah Anda ketika mencari peralatan tersebut ketika dibutuhkan.

*Sumber :desainrumahgratis.com


GRIYA SATRIA
twitter : @griyasatriapwt

PT. BINA AGUNG DAMAR BUANA
Jalan Yos Soedarso No. 94 Purwokerto

Cara Mengatur Dapur Minimalis

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi