Langkah Mudah Merawat Gorden


Memiliki gorden tentu bisa diartikan sebagai memiliki benda yang akan digunakan seumur hidup. Tentu saja, sangat jarang bukan, ada pemilik rumah yang hobi bergonta ganti gorden tiap tahunnya. Selain repot, selalu mengganti gorden juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 


Nah, agar warna gorden selalu indah seperti aslinya, ada beberapa langkah mudah yang bisa diterapkan. Diantaranya yaitu :
1. Perawatan Berkala
Hal yang harus diperhatikan ketika merawat gorden adalah menjaga agar warna tak cepat pudar dan kain tak cepat rusak,. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya pencucian gorden tak terlalu sering dilakukan. Anda dapat mencuci gorden 3-6 bulan sekali. Bergantung pada jenis kain gorden dan ruangan yang ditempati.
Untuk merawat gorden secara berkala, Anda dapat membersihkan menggunakan vacuum cleaner. Penyedotan debu pada gorden dapat dilakukan 1 minggu sekali untuk menghindari kotoran yamg menumpuk.
2. Cek Jenis Kain Gorden
Ketika ingin merawat gorden, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis bahan dari gorden itusendiri. Ada dua jenis kain gorden yang kerap digunakan, beludru dan chenille. Saat mencuci beluduru, Anda mesti hati-hati, jangan sampai bulu beludru jadi mudah rontok. Hindari memeras dengan dengan memelintir kain. Sedangkan untuk jenis chenille, gunakan system dry cleaning agar kain tak mudah menciut. Sebab kain jenis ini saat terkena air akan mengalami penyusutan.
3. Mencuci Vitrase
Warna putih vitrase pada gorden membuatnya cepat kotor, maka pencucian harus rutin dilakukan. Tujuannya agar warna putih pada gorden tidak mudah menjadi kusam dan berwarna kecokelatan. Bila vitrase menggunakan renda dan pola bordir, sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan. Hindari menggunakan sikat dan mesin cuci agar serabut renda tidak cepat rusak.
4. Cara Jemur
Merawat gorden harus memperhatikan beberapa jenis kain yang rentan pudar warnanya apabila terkena cahaya matahari secara langsung. Jadi sebaiknya kain diletakkan pada area jemur beratap. Sehingga cahaya matahari bisa difilter. Jangan lupa, hindari melipat kain gorden saat menjemur agar tak muncul liptan saat gorden terpasang. Gantungkan gorden basah seperti posisi ketika dipasang di jendela.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat