Lima Hal Penting untuk Menjaga Keindahan Keramik


Keramik sering dipilih sebagai bahan penutup lantai rumah. Selain warna dan coraknya yang indah, pemeliharaannya yang cenderung mudah pun membuat keramik menjadi favorit masyarakat. Seiring perkembangan model keramik, maka penggunaannya pun tak sebatas pada lantai saja. keramik juga sering digunakan untuk melapisi dinding atau sengaja diapsang sebagai hiasan. 
Namun kita perlu merawat ubin keramik ini dengan baik agar keindahan ruangan tidak berkurang.  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembersihan dan perawatan ubin keramik tersebut, yaitu:
1. Perhatikan jenis ubin, ubin keramik ada yang mengkilap ada pula yang tidak. Ubin keramik yang tidak mengkilap akan membutuhkan pemeliharaan ekstra untuk membersihkan noda air dan kotoran. Terlepas dari jenisnya, semua ubin keramik harus dibersihan secara teratur dengan air. Namun, ubin keramik yang mengkilap lebih mudah dibersihkan.
2. Nat adalah salah satu bagian yang ada pada ubin keramik. Nat adalah sejenis lem atau semen dan pasir yang dikombinasikan dengan akrilik dan silikon. Nah, pada nat ini yang terkadang membuat kotoran dan debu serta noda mudah berkumpul. Jika nat terkena noda ( kotoran ) atau menghitam maka ubin keramik akan menjadi kurang cantik. Anda bisa membuat cairan pembersih dari detergen dan air. Buatlah larutan ¼ cangkir deterjen dengan 1 ember air. Ambil spons dengan larutan tersebut, dan bersihkan dengan cara menggosok dengan perlahan. Setelah benar-benar bersih, keringkan dengan handuk atau kain lap kering. Untuk ubin dan nat yang sangat kotor, dan bila larutan tadi tidak membantu, gunakan perbandingan 50:50 pemutih dan air untuk membersihkan kotoran.
3. Dengan membersihkan ubin keramik setiap hari dengan air biasa dan mengeringkannya, akan menghindari dari jamur serta kotoran yang menumpuk. Gunakan vacum cleaner atau sapulah ubin keramik secara teratur. Saat membersihkan keramik, hindari menggosok dengan bubuk pembersih yang kasar. Karena akan ubin keramik akan kusam. Kecuali pada produk yang berlabel aman untuk permukaan ubin keramik.
4. Jika ingin menggunakan deterjen untuk membersihkan ubin keramik setiap hari, gunakan deterjen dengan pH netral yang diencerkan. Dan jangan menggunakan zat pembersih yang mengandung amonia karena bisa menghitamkan beberapa jenis nat. Jika menggunakan deterjen pada saat membersihkan ubin keramik, bilas lagi dengan menggunakan air hangat untuk menghilangkan residu.
5. Segera bersihkan cairan yang tumpah. Jika ada cairan yang tumpah ke ubin keramik Anda, segera bersihkan dengan lap kering untuk meghindari noda yang berbekas pada ubin keramik ataupun pada nat.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari