Kiat Merawat Tanaman Hias Agar Subur


Keberadaan tanaman hias tak hanya untuk menambah indah rumah Anda, tapi juga agar tampak lebih segar dan bersemangat. Nah, agar tetap terjaga keindahannya, tentu tanaman hias pun memerlukan perawatan. 

Tanaman yang sehat dan terawat, tentu akan tumbuh dengan subur dan mampu menampilkan pesonanya secara maksimal. Berikut beberapa kiat untuk merawat tanaman hias agar tumbuh subur dan indah :
1. Pilih Tanaman Terbaik
Jneis tanaman hias sangat banyak ragamnya. Pastinya jangan asal pilih untuk menentukan mana tanaman yang akan mengisi taman Anda . Pada umumnya, tanaman hias yang biasa ditanam adalah tanaman bunga karena ini biasanya menghasilkan bunga yang bisa menambah keindahan pada saat melihatnya.

2. Pilih Media Tanam
Selanjutnya, media tanam juga menjadi hal yang penting untuk dipperhatikan karena media tanam ini memberikan pengaruh yang kuat terhadap kesuburan tanaman yang Anda tanam nanti. Media tanam pada umumnya biasa dilakukan dalam dua media yakni tanah secara langsung dan atau menggunakan pot. Pada umumnya, untuk jenis tanaman hias akan lebih baik jika ditanam menggunakan media tanah di dalam pot.
3. Perhatikan Pupuk
Pupuk menjadi hal penting yang mempengaruhi tingkat kesuburan tanaman hias. Sebaiknya penggunaan pupuk dilakukan dengan dua cara, yakni dengan menggunakan pupuk dasar dan juga pupuk tambahan. Pupuk dasar sebaiknya menggunakan pupuk organik yang kemudian dicampur dengan tanah. Selanjutnya, untuk pupuk tambahan, Anda bisa menggunakan pupuk kimia namun gunakan yang sesuai dan tidak terlalu banyak.
4. Siram secara Teratur
Tanaman layaknya manusia yang memerlukan air. Jika tanaman kekurangan air, maka akan kering dan layu. Oleh karenanya, sebaiknya Anda menyiramnya secara teratur karena jika tidak maka tanaman Anda pun menjadi kurang sehat atau bahkan mati. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman adalah pada waktu sore hari dan juga pada pagi hari. Dengan siraman yang baik dan teratur, maka dapat dipastikan tanaman Anda akan subur.
5. Rawat Secara Detail
Selanjutnya, Anda perlu merawatnya secara detail termasuk membersihkan ranting yang kering atau membersihkan tanaman lain yang ada di dekat tanaman hias tersebut. Akan lebih baik membiarkan tanaman hias Anda tumbuh sendiri dan jangan biarkan ada tanaman lain yang menghinggapinya.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi