Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik


Mengecat dinding memang membuat rumah tampak lebih indah. Namun tak jarang, karena kurang hati-hati, noda cat pun bertebaran dimana-mana. Untuk membersihkannya tentu tidaklah mudah. 


Ada beberapa trik yang bisa membantu menghilangkan noda cat rumah, yaitu sebagai berikut :

1. Gunakan Tiner


Di dalam membersihkan semua noda, ingatlah bahwa semakin baru sebuah noda, maka akan semakin mudah noda tersebut dibersihkan. Hal tersebut juga berlaku pada saat kita akan membersihkan noda cat di lantai keramik. Jika Anda sedang mengecat tembok, lalu tiba-tiba ada cat yang menetes ke lantai, Anda dapat membersihkannya dengan mengelapnya menggunakan tisu atau kain bersih yang sudah tidak terpakai lagi. Basahi tissue atau kain tersebut dengan tiner. Lebih baik noda cat tersebut jangan digosok, karena jika digosok noda cat akan melebar. Nah sebaiknya Anda tepuk-tepukan dan tekan-tekan tepat diatas noda cat berada. Pastikan semua noda cat terserap pada kain tersebut.
Jika masih ada noda cat yang menempel pada ubin keramik, gunakan lagi kain tadi, basahi dengan sedikit tiner, tepuk-tepuk dan tekan-tekan lagi diatas noda cat yang tersisa. Lihat hasilnya. Lakukan terus hingga noda cat hilang.

2. Menggunakan scrap


Untuk noda cat yang benar-benar membandel, alias tidak mau hilang dengan menggunakan cara diatas, Anda dapat menggunakan alat bantu misalnya menggunakan scrap. Scrap dapat dengan mudah dibeli ditoko bangunan di daerah Anda. Belilah scrap yang memiliki tangkai pegangan agar lebih mudah saat digunakan untuk membersihkan noda cat pada lantai. Gunakan scrap dengan menggosokkannya secara perlahan pada noda cat. Jangan terlalu ditekan dan jangan pula digosok terlalu keras, gunakan secara perlahan saja agar lantai keramik tidak sampai tergores.
Jika Anda tak ingin repot membersihkan noda cat di lantai, sebaiknya berikan alas berupa koran bekas disepanjang tembok dapur yang akan di cat. Dengan melakukan hal tersebut, secara tidak langsung Anda akan mencegah cat menetes pada lantai keramik dapur Anda. Tips ini memang terdengar sepele, namun cukup jitu guna mencegah timbulnya noda cat pada lantai rumah Anda.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi