Tips Memilih Furniture

Furnitur menjadi pengisi rumah yang harus diperhatikan dalam pemilihannya. Keliru dalam memilih furnitur, akan membuat tampilan rumah Anda menjadi kurang menawan dan tidak nyaman. Padahal, rumah merupakan tempat kita beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Berikut beberapa tips memilih furniture yang baik bagi ruang tamu atau ruang keluarga Anda.:
tips memilih furniture, tips memilih furniture rumah minimalis, tips memilih furniture jati, tips memilih bahan furniture, cara memilih furniture yang baik, cara memilih furniture kayu jati, cara memilih furniture, tips memilih furniture minimalis, tips memilih furniture rumah, tips memilih furniture rotan, tips memilih warna furniture

Tips Memilih Furniture

  • Lakukan pengukuran. Gunakan pita pengukur, patok, atau tongkat meteran untuk mengukur panjang dan lebar ruangan Anda. Juga untuk menjelaskan dimensi dari setiap penjuru atau bagian-bagian tertutup lainnya di dalam ruangan.
  • Buat denah lantai. Anda dapat menggunakan kertas grid yang biasa dipakai, atau Anda juga dapat membuat sketsa denah di atas kertas HVS atau kertas printer biasa. Tentukan berapa luas ruang yang Anda bisa luangkan untuk furniture dan buat beberapa sketsa yang berbeda agar furnitur dapat masuk dan pas ke dalam ruangan. Anda juga harus memberi sedikit ruang setidaknya dalam satu meter di antara furniture-furnitur yang ada. Jika lebih kecil dari 1 meter, ruangan akan terasa sempit sehingga membuat Anda merasa kesulitan saat berjalan di dalamnya.
  • Periksa jalan masuknya. Ukur seberapa lebar jalan masuk ke dalam rumah Anda untuk mencegah potensi kesalahan pemesanan pintu. Anda pastinya ingin mendapatkan furnitur dengan ukuran yang pas, sehingga bisa leluasa masuk ke dalam rumah dalam berbagai kondisi dan situasi.
  • Tandai ruang tamu atau ruang keluarga Anda. Setelah menentukan berapa banyak ruang yang bisa Anda gunakan untuk menempatkan furnitur dengan baik, tandai letak-letak furnitur pada lantai ruangan untuk mendapatkan visual yang lebih baik. Gunakan pita atau lembar koran untuk menggambar tanda letak furnitur Anda di dalam ruangan.
  • Tentukan bagaimana ruangan ini akan Anda gunakan. Jika ruang tamu atau ruang keluarga Anda akan digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga sehari-hari, Anda akan memerlukan furnitur yang kokoh, tahan noda, terutama jika anak-anak Anda masih sangat muda. Sebaliknya, jika ruang tamu atau ruang keluarga Anda digunakan untuk hanya menerima tamu sesekali, Anda dapat memilih untuk mebel yang dibuat lebih ringan dengan bahan yang halus.
    tips memilih furniture, tips memilih furniture rumah minimalis, tips memilih furniture jati, tips memilih bahan furniture, cara memilih furniture yang baik, cara memilih furniture kayu jati, cara memilih furniture, tips memilih furniture minimalis, tips memilih furniture rumah, tips memilih furniture rotan, tips memilih warna furniture

    Furniture Ruang Tamu 

  • Mulailah dengan yang paling mendasar. Sebagian besar ruang tamu atau keluarga memiliki sofa, kursi, meja samping, dan meja tengah. Carilah elemen-elemen dasar sebelum menambahkan furnitur tambahan seperti bangku, meja tambahan, vas bunga, ornamen dan dekorasi lainnya.
  • Beli furniture yang tahan lama. Carilah furnitur yang kokoh dengan frame kayu kuat dan pegas baja. Furnitur yang berkualitas tinggi mungkin memiliki biaya perawatan yang lebih sedikit, dan mereka cenderung tahan terhadap kondisi tertentu dengan lebih baik dan lebih lama.
  • Carilah kain berkualitas tinggi dan tahan noda. Bahan mewah dan berkualitas tinggi akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan cenderung bertahan lebih lama dibandingkan kain yang lebih murah. Kain yang tahan noda akan sangat berguna jika Anda memiliki anak-anak,
  • Tempatkan furniture Anda dengan rapi. Setiap furnitur di ruang tamu Anda harus saling melengkapi satu sama lain. Jika tidak, ruangan Anda akan terlihat semrawut. Jika Anda memiliki desain interior tematik, seperti modern atau tradisional, tentukan juga furnitur yang sesuai dengan tema Anda tersebut.
  • Tempatkan furniture lain sebagai tambahan seperti lukisan, vas bunga, meja tambahan, bangku panjang, atau dekorasi lainnya untuk mengisi kekosongan pada ruangan.

*Sumber : dreamarsitek.com


GRIYA SATRIA
twitter : @griyasatriapwt

PT. BINA AGUNG DAMAR BUANA
Jalan Yos Soedarso No. 94 Purwokerto

Tips Memilih Furniture Rumah Minimalis

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela