Tips Merawat Furnitur dari Partikel Board

Saat ini banyak masyarakat yang memilih menggunakan furniture berbahan partikel board. Selain lebih murah, furniture berbahan partikel board juga terlihat modern dan elegan. Mulai dari kitchen set, lemari pakaian, meja belajar anak, rak buku, rak sepatu, dan bermacam furniture lainnya yang menggunakan bahan baku partikel board.

Partikel board sendiri merupakan merupakan remahan-remahan kayu yang disatukan dengan perekat khusus sehingga menjadikan remahan tersebut suatu produk papan yang cukup berkualitas. Bobotnya yang ringan juga menjadi salah satu keunggulan dari bahan ini.
Namun, jika tidak dirawat dengan baik, bahan ini akan mudah rusak atau terpapar jamur. Sehingga agar awet dan tahan lama, furniture dari partikel board pun memerlukan perhatian dan perawatan yang teratur. Berikut tipsnya :

1. Jauhkan dari tempat lembab.
Hindari meletakkan furniture berbahan partikel board pada tempat dengan suhu lembab. Suhu lembab akan mengundang jamur pada bahan tersebut. Selain menganggu tampilan, jamur juga akan merusak dan membuat rapuh partikel board.

2. Hindarkan dari basah
Jika furniture partikel board Anda berupa meja makan, sebaiknya lapisi piring atau gelas yang basah agar lapisan partikel board tidak ikut basah, dan jika lapisan meja berbahan partikel board Anda terlihat basah segera lap dengan lap yang kering. Furniture partikel board akan mudah rusak jika sering terkena noda air.

3. Basmi jamur
Apabila Anda menjumpai jamur pada furniture partikel board kesayangan Anda, segera bersihkan jamur dengan menggunakan lap kering terlebih dahulu, selanjutnya lakukan pengelapan ulang dengan menggunakan obat pembersih kaca dan diakhiri lagi dengan pengelapan menggunakan lap kering. Lakukan perawatan seperti ini setidaknya dua minggu sekali untuk menghindari pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan pada furniture kesayangan Anda.

4. Jauhkan tinner
Hindari penggunaan tinner pada furniture karena tinner dapat merusak lapisan kertas furnitur Anda.
5. Hindari beban terlalu berat
Hindari beban yang terlalu berat untuk laci atau rak buku yang berbahan partikel board. Berat ideal yang mampu ditopang furnitur dengan bahan partikel board berkisar antara 5-10 kg. Apabila furnitur berbahan partikel board dipaksa menopang beban lebih dari 10 kg akan berakibat pada kondisi furnitur yang melengkung bahkan jebol.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela