Tips Agar Rumah Selalu Rapi

Memiliki rumah yang rapi tidak hanya menyajikan pemandangan ruangan yang menyenangkan. Kenyamanan dan terjaminnya kesehatan pemilik rumah pun tidak sekedar impian. Namun, untuk merealisasikannya butuh komitmen dari pemilik rumah untuk secara kontinyu merawat rumahnya tersebut.

Berikut ada beberapa tips untuk emmbuat rumah Anda tanpak selalu rapi, yaitu :

  • Sembunyikan perlengkapan mandi
Salah satu ruangan yang perlu mendapat perhatian lebih ialah kamar mandi. Tentu tamu Anda akan membutuhkannya, untuk sekadar mencuci tangan atau membasuh muka. Karena itu, jangan biarkan perlengkapan mandi diletakkan di sembarang tempat. Agar selalu rapi Anda dapat memanfaatkan tiap inci rak penyimpanan obat sehingga sikat gigi atau pisau cukur, bisa Anda gantung dan sembunyikan.

  • Rapikan charger hp
Kabel charger smartphone yang menjuntai, kerap membuat meja nampak kotor. Trik mudah membereskannya, ambil beberapa paper clip berukuran besar lalu jepitkan ke pinggir meja. Setelah itu masukkan connector charger ke dalam lubang paper clip, dan masalah kabel berantakan hilang seketika.
  • Mengatur laci
Jika Anda tidak memiliki cukup banyak laci untuk menyimpan satu jenis barang, cara mudah menatanya adalah memberi sekat. Siapkan beberapa kardus sereal bekas, kertas kado, gunting, cutter, dan lem. Lalu potong kardus sesuai dengan lebar dan tinggi laci. Tutup seluruh bagian kardus dengan kertas kado, sekat untuk laci Anda pun siap digunakan. Manfaat dari pemberian sekat ini adalah untuk mengelompokkan beragam jenis barang ke masing-masing sekat pada laci.
  • Garasi = gudang
Anda bisa mengalihfungsikan garasi menjadi gudang tambahan. Seperti untuk menyimpan berbagai perkakas rumah tangga. Agar gudang tambahan ini selalu rapih dan bersih, Anda tentu harus memperhatikan lokasi penempatannya. Setelah menyortir berbagai barang yang ingin disimpan, langkah selanjutnya adalah membuat tempat penyimpanannya.
Jika ukuran ruang garasi Anda tidak terlalu besar, cara tepat yang bisa dilakukan yakni memasang rak yang dikaitkan ke atap atau dinding bagian atas. Atau menggunakan hook yang dipasang di dinding sebagai pengait, untuk berbagai barang yang bisa digantung. Untuk menyimpan benda-benda tajam, Anda perlu menyiapkan 1 buah rigid foam (busa kaku) dan kayu lapis. Lalu rekatkan keduanya dengan lem khusus untuk busa, tekan hingga menyatu dan biarkan kering selama beberapa jam. Selanjutnya tempelkan kayu lapis ke dinding garasi Anda dengan bor tangan, dan kumpulan benda tajam siap ditancapkan.
  • Manfaatkan space lemari dapur
Jika ingin memiliki dapur yang bersih, maka Anda harus rajin membersihkan dapur dan menata perabotnya supaya rapi. Daripada  menaruhnya di meja dapur, lebih baik letakkan berbagai perlengkapan masak di rak yang tertutup atau digantung di dinding. Anda juga bisa mengganti kumpulan resep masakan yang tersebar di meja dapur dengan tablet yang sudah jarang digunakan. Untuk menjaga tablet Anda tetap aman, letakkan di atas tray yang dirancang menggantung agar mudah dijangkau.
  • Ruang cuci pakaian
Ruang cuci pakaian juga patut diperhatikan kerapiannya. Agar tumpukan deterjen, pelembut, dan pewangi pakaian selalu terogranisir, jadikanlah rak plastik untuk pakaian kotor sebagai wadahnya. Selanjutnya, tempel bagian bawah rak ke dinding menggunakan paku.
  • Kolong tempat tidur
Jika Anda memiliki tempat tidur dengan area di bawah alias kolong tempat tidur, manfaatkan bagian itu untuk menempatkan beberapa barang. Anda dapat menggunakan rak pencuci piring yang sudah tak terpakai. Lalu beri roda di bagian bawah untuk memudahkan Anda saat mengeluarkan dan memasukkannya.

  • Penempatan Galon Air.
Cadangan galon air yang tidak disimpan rapi dapat mengganggu pemandangan. Sebaiknya, simpanlah galon ditempat tertutup, jauh dari pandangan tamu dan tidak terkena debu. Yang terpenting, tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak menjadi sarang serangga. Cara praktis, Anda dapat menggunakan solusi air yang bisa diminum langsung dari kran air.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela