Tips Memilih Papan Gipsum Berkualitas

Material gipsum kini makin banyak dipakai oleh masyarakat untuk menggantikan bata merah maupun beton ringan. Bobotnya yang ringan, fleksibel, tahan terhadap api dan suhu lembab serta pemasangannya yang cepat membuat material ini menjadi ‘primadona’ di industri bahan bangunan.
Dengan makin meningkatnya popularitas gipsum, membuat banyak perusahaan memasarkan papan gipsum dengan berbagai brand. Namun tentu kita tetap harus memperhatikan tampilan serta kualitasnya.

Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih papan gipsum berkualitas, yaitu :

1. Permukaan rata
Pastikan permukaan papan gipsum yang Anda pilih rata, lurus dan tidak bergelombang. Misalnya saat dipasang dalam posisi horizontal sebagai plafon tidak ada lendutan kecil di permukaannya. Idealnya, nilai kelendutan tidak melebihi 2,0 mm per batang 600 mm. Sayangnya, untuk memastikannya masih dibutuhkan pengujian secara khusus.
2. Bobot ringan
Idealnya, papan gipsum setebal 9 mm berbobot tidak lebih dari 15 kg. Sebab bobot yang ringan memberi kemudahan pada saat proses pemindahan dan instalasi di lapangan.
3. Kuat
Papan tidak mudah patah atau retak saat terbentur benda tumpul. Papan gipsum juga stabil ketika digunakan sebagai dinding atau partisi ruangan.
4. Permukaan mulus
Pastikan permukaan papan gipsum bebas dari segala bentuk cacat, seperti retak atau gumpalan. Kondisi permukaan papan gipsum yang rata dan mulus berpengaruh terhadap kualitas material sehingga kuat dan tahan lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela