Trik Merawat Furnitur Rotan Agar Awet

Bahan rotan memiliki keindahan tersendiri ketika telah diolah menjadi furnitur. Apalagi saat ini model dan warna furniture dari rotan sangat bervariasi. Keawetan bahan rotan pun menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk memilihnya sebagai furnitur pengisi rumah.


Namun seawet apapun barang jika tidak dirawat dengan benar, maka akan mudah rusak. Karena itu, agar furniture rotan Anda tetap awet dan berfungsi dengan baik, berikut ada beberapa tips untuk merawatnya, yaitu :

  • Letakkan di Tempat yang Kering

Sama seperti kayu, material rotan juga rentan terkena air. Apabila furniture ini ditempatkan di ruangan yang lembab, maka strukturnya akan menjadi rapuh dan mudah lapuk. Oleh sebab itu, pastikan Anda meletakkan perabotan ini di ruangan yang sejuk dan kering. Apabila permukaan rotan terciprat air, sesegera mungkin seka menggunakan kain lap yang kering.

  • Taruh di Bagian Interior Rumah

Furniture rotan juga rawan terhadap sengatan terik matahari. Agar pesonanya tidak memudar karena terus-menerus tertimpa panas matahari, disarankan menaruh furniture ini di interior rumah. Keindahan rotan akan lebih terjaga ketika diletakkan di dalam ruangan yang terlindung.

  • Jangan Membersihkan Rotan Memakai Cairan Kimia

Kebanyakan orang salah kaprah saat membersihkan furniture rotan miliknya. Dengan maksud untuk mempermudah penghilangan noda membandel, permukaan sofa lantas dilap dengan cairan pembersih kimia. Hasilnya, cairan kimia ini justru akan merusak dan mengikis lapisan cat dan melamin pada furnitur sehingga tampak kusam. Alih-alih demikian, Anda bisa memakai kain lap fiber dan botol spray berisi air bersih untuk menghilangkan noda di furnitur tersebut. Khusus untuk noda yang menempel di sela-sela rotan, bisa disedot dengan vacuum cleaner.

  • Antisipasi dari Serangan Rayap

Rayap juga dikenal suka dengan furnitur yang terbuat dari rotan. Serangga ini akan menggerogoti rotan-rotan yang menyusun perabotan tersebut sampai keropos. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa menyemprotkan larutan campuran minyak tanah dan kapur barus ke seluruh permukaan furnitur agar meresap. Untuk hasil yang lebih efektif, cobalah menyuntikkan larutan ini ke pori-pori rotan tersebut.

  • Berikan Finishing Secara Berkala

Meskipun Anda sudah merawat furnitur rotan sebagus mungkin, besar kemungkinan pesona rotan juga lambat laun akan berkurang termakan waktu. Agar keindahan tersebut bisa dimunculkan kembali, tidak ada salahnya memberikan finishing ulang setiap 2 tahun sekali. Anda bebas menggunakan cat atau pelitur untuk mengembalikan pesona furniture rotan tersebut.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela