Tips Agar Cat Dinding Eksterior Awet

Bagian luar rumah menjadi bagian yang paling sering terpapar debu, sinar matahari, hujan serta noda lainnya. Tak heran jika kondisi ini membuat cat dinding ekterior pun rawan menjadi pudar, mengelupas atau muncul jamur. Sebagai langkah mengantisipasinya ada bebera hal yang harus dilakukan.

Berikut tips agar cat dinding ekterior rumah Anda tetap awet :

  • Cat Eksterior Berkualitas Baik

Agar cat tidak cepat rusak, sebagai langkah awal adalah dengan memilih merek cat dinding yang bagus. Cat tembok umumnya terdiri dari dua macam, yaitu cat interior serta cat eksterior. Jenis warna cat eksterior rumah memang sudah khusus diformulasikan untuk mengecat dinding bagian luar. Dengan demikian tipe ini akan lebih kuat dan tahan lama untuk melindungi dinding dari perubahan iklim yang dapat merusakkan tembok serta catnya sekaligus. Dinding luar rumah biasanya akan mengalami kerusakan seperti menjamur dan retak. 

Tapi dengan memilih jenis cat berkualitas terbaik maka partikel warna tersebut akan melindunginya dari cepat pudar hingga bertahun-tahun. Dan jangan lupa untuk memastikan tidak adanya kebocoran di kaleng cat tersebut.
  • Weather Resistance

Salah satu ciri cat dinding luar rumah yang bagus dan tahan lama adalah adanya weatherproof. Jadi untuk memastikan kualitas cat tembok yang akan di beli itu tahan terhadap cuaca, maka harus memilih yang mengandung weatherproof atau weather resistance. Selain itu, kandungan cat yang bagus ini juga dapat mencegah timbulnya jamur dan flek di tembok luar akibat rembesan air hujan.
  • Mengecat Dinding Luar Rumah Saat Cuaca Cerah

Proses pengeringan cat agar lebih maksimal di pengaruhi oleh sinar matahari. Maka sangat penting untuk mengecat rumah saat cuaca baik. Dan hal lain yang perlu di perhatikan adalah mengecat dinding rumah yang permukaannya lembab atau basah, maka kualitas cat eksterior rumah yang bagus tersebut tidak akan terserap dengan sempurna.
  • Warna Cat Cerah

Yups, jangan salah, warna cat rumah ekterior juga memiliki peran penting, jadi memilih warna cerah amat disarankan. Sebab warna cat dinding yang cerah lebih memiliki pigmen warna yang sedikit ketimbang tipe warna gelap. Dengan demikian tingkat kepudaran cat juga akan lebih sedikit dari warna pekat.
  • Bersihkan Terlebih Dinding Rumah Yang Akan Dicat Baru / Ulang

Sebelum mengecat dinding, pastikan tidak terdapat kotoran, noda serta debu tebal yang menempel. Sebab adanya kotoran di dinding tersebut akan menjadi penyebab utama cat eksterior tidak menempel dengan sempurna, jadi amat berisiko untuk cat tembok tersebut lebih cepat mengelupas. Jadi juga sudah pasti untuk membersihkan dinding yang berlumut. Cara membersihkan dinding rumah yang  berlumut sebelum di cat adalah dengan menyiramnya menggunakan air kaporit agar benih-benih jamur tembok mati. Kemudian silahkan di cat ketika dinding rumah sudah kering.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela