Tips Memilih Desain Gerbang Rumah

Dalam memilih gerbang, sebaiknya kita tidak sembarangan dalam menentukannya. Mengingat gerbang rumah merupakan jalur utama yang juga akan menjadi lalu lintas mobil atau kendaraan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan faktor kekuatan, ukuran, dan kesesuaian dengan eksterior rumah.

Nah, untuk mendapatkan gerbang yang sesuai dengan kebutuhan rumah, berikut ada beberapa tips yang dapat membantu :

  • Mengukur Lebar dan Tinggi Kendaraan yang Akan Melewati Gerbang

Dalam membuat rancangan model gerbang yang tepat, selain mengukur lebar gerbang, Anda juga harus memperhatikan ketinggiannya. Pastikan ukuran lebar dan tinggi yang diambil tidak terlalu pas untuk menghindari tabrakan yang mungkin terjadi di sana.
  • Biarkan Ada Halaman Kosong di Antara Teras dan Gerbang

Pada saat Anda membangun gerbang, pastikan Anda memiliki halaman kosong di antara teras dan lokasi gerbang dibuat. Fungsi area ini adalah sebagai pemberhentian mobil sementara saat hendak keluar rumah dan memungkinkan gerbang bisa dibuka dengan sempurna.

  • Memilih Gerbang Otomatis

Menggunakan desain gerbang besi yang bekerja secara otomatis dengan bantuan remote control sangat diminati karena lebih praktis. Saat Anda hendak membuka pintu gerbang sementara posisi Anda sedang berada di dalam mobil, Anda tidak harus keluar dan meninggalkan mobil. Cukup dengan menekan tombol di remote maka gerbang akan terbuka dengan sendirinya.
  • Memilih Material yang Kuat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa gerbang merupakan elemen rumah yang paling sering digunakan. Oleh karena itu Anda harus memastikan bentuknya sangat kuat. Direkomendasikan kepada Anda untuk memilih gerbang yang terbuat dari material besi atau baja. Material lain yang perlu diperhatikan adalah engsel. Keberadaan engsel sangat berpengaruh terhadap kualitas gerbang, karena itu engsel yang dipilih seyogyanya mampu menahan beban gerbang.
  • Gerbang Pintu atau Gerbang Geser

Ada dua jenis gerbang yang bisa dibedakan menurut cara membukanya, yaitu gerbang pintu dan gerbang geser. Gerbang pintu memerlukan area ruangan di depan dan belakangnya sebagai tempat saat gerbang dibuka. Gerbang ini lebih populer dan diminati, salah satu sebabnya karena biaya instalasinya lebih murah daripada model geser. Sebaliknya, gerbang geser memerlukan area ruangan di sampingnya sebagai tempat saat pintu digeser. Gerbang ini cocok diterapkan pada rumah sempit yang berada di wilayah jalanan dan pegunungan.
  • Pastikan Gerbang Bisa Dilewati dengan Aman

Apabila Anda memilih model gerbang pintu, maka penting bagi Anda untuk memastikan gerbang bisa dibuka secara maksimal. Sehingga saat mobil melewatinya, maka badan mobil tidak menabrak sisi gerbang rumah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat