Tips Lenyapkan Aroma Tak Sedap dari Dapur

Beberapa aroma masakan seringkali menyisakan bau yang tak sedap. Misalnya saja seperti bau masakan ikan, hidangan seafood atau bau bumbu-bumbu dapur seperti bawang, merica dan pala. Tentu aroma tersbeut akan sangat menganggu bila tidak segera kita hilangkan.

Nah, untuk membuat rumah Anda “aman” dari aroma tak sedap bau sisa masakan, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu :
  1. 1. Gunakan cuka

Campur 10 tetes cuka dengan setengah gelas air, lalu letakkan di sudut dapur. Cuka akan menyerap bau amis setelah selesai memasak ikan. Jika Anda ingin baunya segera hilang, letakkan di beberapa tempat di dapur Anda.
  1. 2. Bersihkan peralatan memasak

Jangan malas membersihkan seluruh peralatan memasak yang sudah Anda gunakan. Rendam peralatan yang terbuat dari kayu dengan air panas, agar sisa ikan atau daging keluar dari celah-celahnya. Biasanya sisa makanan yang tak langsung dibersihkan akan menyebabkan dapur dan rumah menjadi berbau amis.
  1. 3. Gunakan kayu manis

Ambil beberapa potong kayu manis lalu pangganglah di atas wajan tanpa minyak. Biarkan aromanya menguap memenuhi ruangan. Aroma kayu manis biasanya cukup tajam, sehingga ampuh menghilangkan aroma bumbu atau ikan. Aroma kayu manis akan membuat rumah Anda seperti aroma bakery yang nyaman.
  1. 4. Jangan menimbun sampah

Bedakan sampah sisa bahan makanan dan sisa makanan dengan sampah kering. Sampah kering tak masalah jika Anda biarkan hingga tempat sampah penuh dan baru dibuang. Tapi, sampah sisa makanan dan bahan makanan sebaiknya tidak disatukan dengan sampah kering, melainkan masukkan dalam wadah lainnya lalu langsung buang dari dalam rumah. Lalu, semprotkan antihama di sekitar pembuangan sampah sisa makanan agar tak mengundang tikus.
  1. 5. Rebus lemon

Iris-iris 3-4 buah lemon lalu rebus di dalam panci dan biarkan tutup panci terbuka. Uap yang dihasilkan rebusan buah lemon akan menghilangkan aroma tak sedap di dapur Anda. Air rebusan lemon pun sebaiknya tak dibuang, Anda masih bisa mengonsumsinya atau menggunakannya untuk mencuci peralatan masak. Selain lemon, Anda juga bisa menggunakan daun mint yang direbus untuk menghilangkan aroma tak sedap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat