Cara Menata Halaman Rumah Agar Terlihat Indah


Keberadaan taman rumah kini kian menjadi kebutuhan. Selain dapat memperindah rumah, taman juga menciptakan keasrian dan kesejukan di sekitar rumah. 


Namun, memiliki taman yang indah bukanlah hal mudah. Kita harus tahu bagaimana cara menata dan merawat taman tersebut akan memiliki fungsi seperti yang diinginkan. Berikut beberapa tips dalam menata halaman rumah agar terlihat indah dan mneyegarkan :  

a) Pemilihan tanaman


Untuk taman yang berukuran luas, Anda dapat menempatkan beberapa jenis tanaman yang bervariasi. Misalnya tanaman bunga. Anda dapat memilih jenis bunga dengan warna yang berbeda, sehingga tampilan taman akan lebih cantik dengan warna-warni bunga yang tumbuh alami dengan segar. Sebenarnya untuk taman yang berukuran mini pun sama, yakni jangan menggunakan tanaman dengan jenis yang sama. Hanya saja untuk taman ukuran mini pilihlah jenis tumbuhan yang minimalis pula, sehingga tidak merepotkan Anda ketika perawatannya.

b) Penataan tanaman


Setelah Anda memutuskan jenis tanaman apa saja yang akan mengisi taman, langkah selanjutnya adalah penataannya. Karena jumlah dari tanaman lebih dari satu maka sebaiknya letakkan tumbuhan tersebut dengan kerapatan yang sedang, dan jangan terlalu rapat karena akan memberikan kesan sempit. Ada baiknya untuk menata tanaman dengan lurus, namun jika area taman sempit, Anda bisa menyiasatinya dengan menata tanaman dalam bentuk lengkungan.

c) Air mancur / kolam taman

Meskipun sempit ada baiknya untuk menempatkan satu set air mancur minimalis dengan dilengkapi kolam taman. Karena rasanya keindahan dari sebuah taman kurang lengkap jika tanpa kehadiran air mancur atau kolam taman. Saat ini begitu banyak desain kolam taman yang di buat khusus untuk lahan yang sempit, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Namun jika luas taman yang Anda miliki cukup lebar maka hal ini sudah tidak menjadi suatu persoalan. Sehingga Anda bebas menentukan jenis, bahan serta ukuran dari kolam taman dan air mancur.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela