Tips Memanfaatkan Sudut Ruang

Terkadang kita mengabaikan penataan sudut ruang pada rumah. Padahal, jika digarap dengan baik, sudut ruang pun bisa dimanfaatkan sebagai tempat yang fungsional dan mendukung desain interior hunian.
Berikut ada beberapa ide untuk mengisi sudut ruangan yang bisa Anda terapkan. Yakni sebagai berikut :
1. Ruang baca
Anda bisa memanfaatkan area sudut yang tersisa sebagai ruang baca. Caranya, Anda tinggal meletakkan sebuah kursi baca santai, semisal kursi goyang, kursi gantung, dan sebagainya pada sudut ruangan. Agar terlihat menyatu dengan nuansa di dekatnya, pilih warna atau tekstur yang senada sehingga secara keseluruhan sudut ini tetap terkesan menyatu dan hidup.
2. Ruang santai
Langkah-langkah untuk mengolah ruang sudut menjadi area santai pun sederhana. Pada sudut kosong, Anda bisa menempatkan sebuah meja kopi atau meja samping yang rendah.
Meja ini selanjutnya bisa dijadikan pusat perhatian ruang keluarga, seperti dengan menambahkan sebuah lampu gantung berukuran besar. Gantungkan lampu dengan rendah hingga mendekati meja. Hasilnya, nuansa yang muncul adalah keakraban di sudut ruang keluarga.

3. Ruang koleksi
Manfaatkan sudut ruang dengan menambahkan lemari dinding atau rak terbuka. Dinding yang tadinya dibiarkan polos, sekarang bisa Anda olah dan manfaatkan untuk kegiatan mengoleksi pernak-pernik atau koleksi buku Anda.
4. Ruang luar
Jika ingin menciptakan sesuatu berbeda, Anda bisa memasukkan suasana luar ruang ke dalam sudut ruang keluarga ini. Caranya, manfaatkan satu bidang pada sudut ruang dengan menyusun deretan bilah kayu atau bambu.
Tambahkan tumbuhan hijau, bisa tanaman hidup atau plastik bila tak ingin repot merawatnya. Untuk memperkuat kesan luar ruang serta nuansa keakraban, turunkan plafon dengan menambah pergola kayu di atas ruang keluarga.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela