Tips Desain Taman Untuk Halaman Samping yang Sempit

Untuk membuat kecantikan hunian tampil lebih maksimal, maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan halaman samping rumah yang sempit. Seringkali karena luas areanya yang dianggap terlalu sempit, membuat bagian samping rumah tersebut menjadi terabaikan. Padahal, apabila kita manfaatkan sebagai taman, hasilnya pun akan sangat memuaskan.

Berikut ada beberapa tips untuk mendesain taman untuk halaman samping yang sempit, yaitu :

1. Pijakan kaki
Tetap harus ada area jalan setapak di halaman samping yang sempit, sehingga memudahkan Anda untuk merawat tanaman dan memperbaiki bagian rumah sewaktu-waktu.
2. Variasi tanaman
Perbanyaklah variasi tanaman, meski halaman tersebut hanya selebar 1,5 meter atau kurang. Jenisnya adalah tanaman semak atau perdu. Jangan menanam pohon yang bisa tumbuh besar, kecuali Anda hendak membuat bonsai. Untuk membuat kesan lebih hijau, tanam dolar atau anggrek di dinding.
3. Pilih rumput atau batu taman
Karena sudah ada aneka tanaman dan pijakan kaki, kemungkinan besar akan sulit untuk menempatkan batu hias dan rumput sekaligus. Pilih salah satu, toh keduanya sama-sama bisa menyerap air hujan.
4. Tambahan karya seni
Jika Anda suka, letakkan patung atau karya estetis lain untuk menambah keindahan halaman. Tentu karena areanya yang sempit, maka Anda pun harus bijak untuk memilih ukuran karya seni yang proporsional.
5. Penataan tanaman
Di halaman yang luas, Anda bisa menyusun tanaman sesuai level ketinggiannya. Di halaman sempit,  tanaman hanya bisa disusun sejajar di tepi-tepi halaman, dengan tidak banyak level.
6. Lampu
Untuk memperindah sekaligus menerangi, pasang lampu di halaman. Bisa lampu spot atau lampu hias yang dipasang di dinding.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi