Tips Agar Kamar Mandi Cepat Kering

Kamar mandi memang akan menjadi tempat yang selalu bersinggungan dengan air. Bahkan, meski disebut sebagai kamar mandi kering pun tidak serta merta akan terbebas dari basah dan air sepenuhnya.
Padahal, jika kamar mandi dibiarkan basah dalam keadaan lama tentu akan membawa dampak merugikan, selain membuat lantai menjadi licin, kamar mandi yang basah juga dapat berpengaruh pada kesehatan karena dapat menimbulkan jamur dan kuman penyakit.
Nah, agar keadaan kamar mandi cepat mengering dan kebersihannya tetap terjaga, berikut beberapa tips yang dapat Anda simak :
1. Penyekat area basah
Area shower sebaiknya dipisah dengan penyekat agar air tidak membasari area di luarnya. Anda bisa mengggunakan shower curtain, shower box atau kaca.
Anda juga dapat membuat lantai di bawah shower lebih rendah 10cm - 15cm dengan kemiringan sekitar 10 derajat ke arah lubang pembuangan. Ini dilakukan agar air dapat mengalir lancar.
2. Pengudaraan dari kisi-kisi
Pintu kamar mandi harus memiliki sistem pengudaraan yang baik. Selain dari jendela, udara juga bisa dialirkan dari bawah pintu. Caranya, pilihlah daun pintu yang ada kisi-kisi di bagian bawahnya. Jadi, walau pintu ditutup ketika digunakan, udara tetap dapat masuk dari kisi-kisi ini. Sehingga aliran udara ini akan membuat lantai cepat kering.
3. Jalur aliran air
Seringkali kita menghiasi kamar mandi dengan batu koral yang ditaburkan di lantai. Agar lantai tetap kering, sebaiknya batu jangan hanya sekadar ditebarkan saja. Batu-batu yang basah terkena air akan lama keringnya karena air masih “menyelinap” di sela-sela batu sehingga lantai pun basah lebih lama.Buatkan jalur batu, semacam parit kecil, yang posisi lantainya lebih rendah dari sekitarnya. Dengan pemisahan ini lantai di kamar mandi akan lebih bersih dan kering.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik