Tips Mendesain Ruangan Minimalis Nan cantik

Bagi Anda yang memiliki rumah berukuran mungil tak perlu berkecil hati. Karena Anda tetap bisa memiliki ruangan yang indah serta nyaman. yang perlu Anda lakukan ialah menyiasati ruangan mungil tersebut agar terkesan lebih luas dan menarik.

Berikut tips-tips mendesain ruangan minimalis nan cantik yang dapat Anda terapkan :

1. Monokromatik
Anda bisa memilih dua hingga tiga warna senada sebagai warna utama, aksen serta furnitur. Penataan yang monokromatik akan 'memperpanjang' dan 'memperbesar' ruangan kecil, selain itu juga memberi kesan chic sekaligus elegan. Lebih amannya, pilih warna-warna netral yang menenangkan mata seperti coklat kayu, abu-abu, beige atau broken white.
2. Aksen di Dinding
Ingin ruangan tidak terlihat terlalu monoton? Anda bisa menambahkan aksen pada dinding dengan proporsi yang tepat. Misalnya saja dinding bata merah di tengah-tengah dinding putih. Selain menambah kesan artsy, penambahan aksen ini juga membuat ruangan terlihat lebih dinamis. Agar tidak terlalu 'ramai', sebaiknya tetap pilih furnitur dengan warna netral dan desain yang ergonomis. Artinya nyaman, aman, efisien dan tidak memakan tempat.

3. Cermin Besar
Penempatan cermin besar akan membuat ilusi ruangan seolah lebih luas. Selain itu cermin juga memberi kesan kamar lebih cerah. Jika ingin memaksimalkan efek, Anda dapat menata ruangan Anda dengan warna serba putih agar ruangan seolah 'terbuka'. Menata ruangan serba putih bisa sedikit 'tricky', karena akan terkesan membosankan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa bermain tekstur baik itu dari furnitur, karpet atau teknik pencahayaan.
4. Warna Cerah Sebagai Aksen
Tidak terlalu suka warna-warna netral? Anda bisa menjadikan warna cerah dan solid sebagai aksen. Misalnya motif garis warna kuning di atas dinding putih, warna cerah pada beberapa bagian kabinet, atau kursi makan. Selebihnya, biarkan ruangan didominasi palet netral seperti putih, krem atau beige.
5. Optimalkan Jendela
Jendela-jendela besar akan membuat cahaya lebih banyak masuk ke ruangan sehingga memberi kesan luas. Selain itu pemandangan di luar akan membuat rumah Anda lebih dinamis dan jauh dari kesan 'sumpek'. Tempatkan jendela di arah terbitnya matahari agar pencahayaan alaminya lebih maksimal.
6. Aksesori Minimalis
Kini banyak hiasan rumah dengan desain minimalis, namun terkesan unik dan modern. Pilihlah aksesori dengan desain ergonomis yang tidak memakan banyak tempat. Saat memilih frame foto atau lukisan, pilih juga yang berdesain simpel tanpa detail yang terlalu banyak dan rumit. Cukup tempatkan 2-3 hiasan, dan rumah Anda akan menjadi lebih manis.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela