Tips Mempercantik Area Teras

Teras menjadi bagian penting untuk menyambut tamu yang datang atau pun sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Karena itulah, teras menjadi salah satu rumah yang perlu untuk dibuat semenarik mungkin.

Berikut beberapa tips untuk mempercantik area teras yang dapat Anda terapkan :

1. Foyer 

Sebagai area transisi menuju ruang tamu, Anda bisa mempercantik area ini dengan material kayu, cat dinding, atau batu bata. Sebagai aksesoris untuk mempercantiknya, Anda bisa menempatkan meja dan kursi dari material ringan, menghadirkan bunga dalam pot gantung, pot meja atau lantai, serta lampu tempel. 

Untuk menambah keunikan dan perhatian, Anda bisa berburu kursi unik bergaya klasik seperti kursi taman. Menghadirkan bantalan empuk dengan kursi kayu panjang juga menarik. Permainan bantal warna-warni di area ini juga bisa menjadi penambah semarak. 

2. Pot 

Pot dan tanaman adalah "aksesoris" paling mudah untuk dihadirkan di teras. Anda tinggal memilih bentuk dan bahannya sesuai selera, seperti pot plastik, tanah liat, atau anyaman tambang yang banyak tersedia di pasar tradisional atau swalayan. Hanya, pastikan bentuk dan jenis potnya menentukan cara perawatan, terutama penyiraman tanaman.

Carilah tanaman-tanaman yang akan menjuntai ke bawah untuk membuat teras lebih menarik. Jenis tanaman ini misalnya dari keluarga ivy, pothos,pakis, sukulen, serta tanaman merambat semusim seperti petunia, dan geranium akan tampak cantik. Hindari jenis-jenis tanaman dengan akar ekstensif, seperti jenis-jenis semak dan pohon. 

3. Akuarium

Dengan lahan yang sempit, Anda tak perlu memaksakan diri mempunyai kolam ikan hias untuk mempercantik area ini. Akuarium dengan ikan-ikan warna-warni sudah cukup. 

4. Privasi

Ada baiknya Anda memasang pagar yang sedikit lebih tertutup, terutama pada lubang-lubang pagar dengan fiber berwarna. Karena, meskipun bukan area formal untuk berbincang dan bercengkerama, bukan berarti privasi Anda sebagai pemilik rumah dan tamu Anda terganggu saat berada di sini, terutama jika menghadap langsung ke jalan di depan rumah. 

Anda juga mengakalinya dengan tanaman rambat yang bisa menghalau pandangan bebas dari luar pagar ke dalam area teras.

5. Lampu 

Selain lampu utama dengan cahaya terang, Anda bisa memasang lampu temaram di satu atau dua sudut teras jika enggan bercengkrama dalam suasana benderang. Apalagi, kini semakin banyak desain lampu taman yang bisa digunakan sebagai penerang teras, baik untuk diletakkan menempel pada dinding atau digantung di pilar area ini. 

6. Sampah 

Ini yang seringkali dilupakan sehinga membuat tidak nyaman siapapun berada di area ini, yaitu meletakan tempat sampah di area ini atau persis di depan teras. Jika bukan karena pemandangan dan aroma tak sedap, lalat dari bak sampah juga sangat mengganggu kenyamanan.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela