Tips Memilih Meja Minimalis untuk Rumah

Dalam sebuah rumah, biasanya terdapat ruang tamu dan ruang makan. Nah, ruangan tersebut pun akan dilengkapi kursi beserta meja sebagai furnitur utama.

Lantas bagaimana cara memilih meja tamu dan meja makan yang tepat, berikut ulasannya :

  • Meja Tamu
Jika ruang tamu Anda berbentu bujur sangkat, sebaiknya pilih desain meja tamu berbentuk bujur sangkar. Kelebihan dari meja model ini adalah ruang tamu akan terlihat seimbang karena keempat sisinya sama. Selain itu, bentuk ini tidak membuat meja Anda memakan tempat lebih banyak. Namun, Anda tetap harus menyesuaikannya ukuran meja tersebut dengan ukuran ruangan secara benar.
Jika ruangan tamu Anda berbentuk persegi panjang, pilih juga meja dengan bentuk persegi panjang. Anda dapat menempatkan meja persegi panjang ini di salah satu sisi atau sudut ruangan. Hindari penggunaan meja dengan ukuran yang terlalu besar agar masih ada tempat yang tersisa sehingga aktivitas di ruang tersebut akan lebih nyaman.
Sementara itu, jika ruangan Anda berkonsep minimalis dan cukup sempit, pilihlah meja tamu dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran meja pada umumnya. Letakkan meja tersebut di salah satu sisi atau sudut ruangan. Jangan memaksakan ukuran meja yang besar karena akan membuat ruangan semakin sempit. Apalagi jika dalam ruangan tersebut masih ada perabotan lain seperti lemari hias. Selain itu, meja dengan ukuran yang kecil pun akan memberikan kesan yang lebih santai namun tetap nyaman.
Pilih juga meja yang tidak terlalu tinggi. Meja tamu tentu akan berbeda dengan meja lainnya yang lebih tinggi seperti meja makan. Jika meja tamu yang dipilih terlalu tinggi, malah akan membuat tidak nyaman.
  • Meja Makan
Meskipun rumah Anda memiliki lahan yang terbatas, namun bukan berarti Anda tidak memerlukan ruang makan. Menghadirkan ruang makan tetap penting sekalipun lahan yang Anda miliki terbatas. Selain digunakan untuk makan, ruang makan juga sering digunakan untuk berkumpul sambil dan mengobrol santai. Oleh karena itu, untuk menyiasati lahan yang sempit di rumah minimalis, pemilihan meja makan harus dilakukan dengan tepat.
Pemilihan meja makan sebenarnya sama saja dengan pemilihan meja tamu dalam hal material yang digunakan. Hanya saja ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan memilih meja makan, terutama untuk rumah yang minimalis.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih meja makan minimalis.

1. Perhatikan Bentuk dan Model Meja Makan
Hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih meja makan adalag memilih bentuk dan model meja makan itu sendiri. Umumnya model atau bentuk meja makan persegi dan bundar. Namun karena ruangan yang dimiliki terbatas, sebaiknya Anda hindari meja mkan dengan bentu persegi panjang. Pilihlah meja makan dengan bentuk bundar. Mengapa demikian? Meja makan bundar memungkinkan dapat menampung hingga 6 orang, Sementara meja makan persegi panjang maksimal menampung 4 orang saja.
2. Perhatikan Materialnya
Hal yang harus Anda perhatian juga adalah material untuk meja makan tersebut. Pilihlah material yang benar-benar terbaik sehingga meja makan yang Anda gunakan dapat awet dan tahan lama. Pilih material meja makan dari bahan kayu agar lebih tahan lama. Sementara untuk material kayu campuran atau kaca sebaiknya dihindari.
3. Serasikan dengan Desain Ruang Makan
Pemilihan model meja makan juga harus diserasikan dengan desain ruang makan yang Anda miliki. Hal ini akan membuat ruang makan Anda terlihat serasi dan membuat nyaman. Pilih juga warna yang sesuai. Untuk rumah minimalis, pilihlah warna yang kalem atau natural.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik