Cara Membuat Sofa Lama Terlihat Baru

Berpindah rumah baru terkadang disertai dengan membawa serta barang-barang lama kita, termasuk sofa misalnya. Sofa yang sudah lama, biasanya akan terlihat kusam dan kurang menarik apabila ditempatkan pada sebuah ruangan baru. Padahal, kita mendambakan kondisi yang fresh dan terlihat serba baru.

Nah, untuk membuat sofa lama Anda terlihat masih baru, berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan, yaitu :

  • Kurangi bantal, tambahkan motif

Banyak yang beranggapan agar sofa terasa nyaman maka harus disediakan bantal yang banyak. Padahal jika terlalu banyak justru akan membuat sofa sulit untuk diduduki dan menjadi tidak nyaman. Anda hanya perlu menempatkan 3 buah bantal saja untuk mempercantik sofa.
Cara lain untuk mempercantik sofa adalah dengan menggunakan sarung bantal bermotif yang besar seperti gambar bunga atau motif geometris seperti chevron. Jika bantal hanya ada 3 buah maka Anda bisa menggabungkan satu motif dengan motif lain atau membiarkan salah satu bantalnya menggunakan sarung bantal polos.

  • Ganti kaki-kaki sofa

Coba perhatikan kaki-kaki sofa Anda, apakah masih berbentuk lingkaran yang dulu sempat menjadi tren di tahun 2.000-an? Sebenarnya mengganti kaki sofa sangatlah mudah, Anda bisa menggantinya dengan bentuk seperti persegi yang saat ini banyak dijual di toko perabotan.
Jika tidak bisa menggantinya sendiri, Anda bisa minta tolong pada penjual sofa atau pengrajin mebel kayu.
  • Gunakan warna ombre

Ingin membuat sebuah perubahan yang dramatis? Celupkan kain sarung bantal di cat air untuk memberikan efek ombre. Setelah kering jangan lupa setrika dengan rapi agar ketika dikenakan di bantal tidak terlihat kusut. Dan sofa Anda kini akan terlihat trendi.
  • Tambahkan paku

Beberapa paku khusus seperti paku payung yang biasa digunakan untuk mengencangkan sarung penutup sofa sempat menjadi tren. Paku ini disematkan dengan rapih hingga membentuk seperti pola titik-titik di sofa.
Memasangnya satu persatu memang cukup melelahkan, untungnya beberapa toko juga menjual paku yang sudah digabungkan.
  • Buat sofa menjadi tempat yang hangat

Sofa modern saat ini biasanya berbentuk persegi yang memberikan kesan geometris yang dingin. Anda bisa membuat tampilannya menjadi lebih hangat dengan meletakkan sebuah selimut.
Model selimut rajutan terutama yang tebal cocok untuk diletakkan di sebuah sofa, atau pilih bahan yang lembut sebagai tempat untuk kaki Anda beristirahat.
  • Bersihkan sofa secara berkala

Ketika sofa sudah terlihat kotor dan kusan, segarkan sofa dengan menggunakan penghisap debu serta balikkan sofa dan tepuk-tepuk agar kotoran dan debu bisa terlepas. Untuk kedepannya, Anda juga bisa menggunakan sarung khusus untuk sofa agar tidak mudah berdebu dan menjaga bentuk sofa.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari