Trik Menjaga Udara di Dalam Rumah Tetap Bersih

Rumah yang bersih, akan membuat penghuninya sehat. Karena biasanya, rumah yang sanitasinya kurang terjaga akan menyimpan banyak bibit penyakit. Sebab, kuman-kumanakan muncul dari tempat-tempat yang kurang terawat kebersihannya, sehingga dapat membuat  penghuninya terserang penyakit. Agar dapat menjadi tempat tinggal yang sehat, maka udara di dalam rumah pun harus dijaga kebersihannya. 

Berikut beberapa tips menjaga udara di dalam rumah agar tetap bersih :


1. Bersihkan perabotan rumah sesering mungkin
Anda harus rajin membersihkab perabotan rumah terutama yang terletak di dapur dan toilet. Bagian rumah lainnya yang paling banyak dilewatkan yaitu debu diatas eternit rumah. Debu dari luar akan masuk dari celah genteng dan mengendap di atas eternit. Bersihkanlah secara berkala supaya tidak mengganggu kesehatan.

2. Hindari Merokok di Dalam Rumah
Banyak penyakit kronis disebabkan oleh rokok. Perokok aktif maupun pasif sama-sama dirugikan dalam hal kesehatan. Jika Anda masih sulit menghentikan kebiasaan merokok salah satu anggota keluarga Anda merokok sebaiknya sarankan untuk merokok diluar rumah.

3. Kurangi bahan-bahan kimia
Gunakan cairan pel, pembersih kaca, detergen, pemutih pakaian, pewangi pakaian, parfum dan bahan-bahan kimia lainnya secukupnya saja. selain itu pewangi ruangan juga sebaiknya tidak digunakan. Sebab, pewangi ruangan tidaklah menjadi solusi untuk udara yang bersih tapi hanya sekedar menyembunyikan udara yang tidak bersih dengan parfum.

4. Kontrol hewan peliharaan
Bagi pecinta binatang seperti kucing, anjing, burung berkicau, hamster, reptil atau apapun itu perhatikan kebersihannya dan jaga agar bau yang mungkin ditimbulkannya tidak mengganggu kebersihan udara dalam rumah.

5. Rutin mengganti sprei dan sarung bantal
Rajin-rajinlah mengganti sarung bantal dan sprei untuk menghindari tungau, meskipun tungau tidak terlihat tetapi bagi penderita alergi, keberadaan tungau akan sangat mengganggu.

6. Gunakan alat pembersih udara
Jika memungkinkan gunakan alat pembersih udara : air filters atau AC yang mempunyai kemampuan membersihkan udara. Jika tidak terpaksa sebaiknya jangan menggunakan kipas angin karena kipas angin dapat membuat debu-debu beterbangan.

7. Bersihkan rumah dari jamur
Periksa di setiap sudut rumah terutama yang lembab dan kurang cahaya. Jika menemukan jamur segera bersihkan. Jika ada di tembok sebaiknya gunakan cat tembok yang anti jamur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela