Tips Agar Furnitur Kayu Awet

Furnitur kayu sering menjadi pilihan orang-orang untuk menghias isi rumahnya. Selain memberi sentuhan vintage, perabot dari kayu juga terkenal akan keindahan serta keawetannya. Namun, untuk masalah keawetan perabot tentu juga tergantung dari perawatan yang kita lakukan.
Perawatan yang baik, akan menghindarkan perabot kayu dari debu yang menempel, warna yang memudah, retak pada perabot atau mungkin bahaya rayap dan ngengat. Agar dapat merawat furnitur kayu agar tetap bagus dan tahan lama, berikut beberapa tipsnya, yaitu :
  • Hindarkan dari Panas Secara Langsung
Furniture kayu memiliki kandungan kelembaban di dalamnya. Oleh karena itu, hindarkan dari tempat yang terkena panas secara langsung karena bisa menyebabkan furniture kayu retak-retak. Warna kayu juga bisa memudar bila sering terkena cahaya matahari. Jadi, sebaiknya tidak menempatkan kursi atau meja kayu dekat kompor atau perapian.
  • Tidak Direndam Air
Hindari merendam furnitur dari kayu di dalam air. Tidak pula langsung mengguyurnya dengan air karena bisa merusak permukaan furniture. Sebaiknya siapkan air hangat dan spons untuk mencucinya. Sedikit berikan sabun ke dalam air untuk membersihkannya. Gunakan sikat gigi untuk menyikat sudut yang sulit. Setelah itu, akhiri dengan mengambil kain basah dengan permukaan yang lembut untuk mengelap permukaannya secara keseluruhan.
  • Sering Dibersihkan
Banyak pemilik rumah yang malas membersihkan perabotannya. Hal itu bisa menyebabkan kursi, meja, atau lemari kayu menjadi kotor dan berdebu. Anda harus rutin membersihkan furnitur kayu. Setelah dibersihkan jangan lupa melapisinya dengan sarung atau taplak meja.
  • Manfaatkan Semir Sepatu
Manfaatkan semir sepatu untuk menyembunyikan retak-retak pada furniture yang sudah lama. Pilih warna yang sama seperti permukaan furnitur Anda.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik