Empat Tanaman yang Mudah Dirawat untuk Interior Ruang

Memberi sentuhan tanaman untuk interior rumah tentu membawa kesegaran tersendiri bagi suasana dalam ruangan. Selain mempercantik ruangan, tanaman ini juga berfungsi untuk membersihkan udara.

Namun, karena berada di dalam ruangan, tentu tak semua jenis tumbuhan bisa kita letakkan sebagai hiasan. Ada beberapa jenis tanaman yang lebih memudahkan pemiliknya untuk merawatnya. Misalnya seperti empat tanaman berikut yang sangat cocok untuk ditempatkan sebagai hiasan dalam ruangan :

  • Kaktus

Tumbuhan yang memiliki habitat di daerah kering ini memiliki kemampuan untuk menyimpan persediaan air. Dengan begitu, kaktus tidak perlu disiram setiap hari. Anda hanya cukup menyemprotkan air dengan botol spray satu atau dua kali dalam seminggu. Agar tidak lembab, kaktus dapat dikeluarkan atau diangin-anginkan setiap tiga hari sekali. Kaktus juga tidak harus selalu terkena sinar matahari karena jika berlebihan kaktus dapat terbakar atau berwarna kecokelatan. Kaktus memiliki beragam ukuran, tetapi umumnya tidak terlalu besar. Selain itu, kaktus juga ada yang memiliki bunga sehingga warnanya dapat semakin mempercantik interior ruang.

  • Lidah Mertua

Lidah mertua atau Sansevieria dapat menjadi pilihan yang bagus untuk ruangan. Selain mudah dirawat, tumbuhan ini memiliki kemampuan untuk menyerap zat beracun. Lidah mertua juga dapat bertahan dalam kondisi kekurangan air dan cahaya. Sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk merawatnya. Setidaknya, siram dan keluarkan tumbuhan satu minggu sekali.

  • Sukulen

Salah satu contoh tanaman sukulen yang terkenal ialah kaktus. Namun, tidak semua kaktus adalah sukulen. Sukulen memiliki beragam keluarga, tetapi yang pasti tumbuhan ini tahan terhadap kekeringan karena batang, daun, dan akarnya memiliki jaringan yang mampu menyimpan air. Ukurannya banyak yang mungil sehingga dapat mempermanis tampilan meja atau ruang keseluruhan. Sukulen juga banyak digunakan untuk terarium dan cara tersebut dapat menjadi ide yang menarik untuk meletakkan tumbuhan dalam ruang.

  • Tillandsia

Tumbuhan ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi siapa pun yang tidak ingin direpotkan dengan tanah, karena Tillandsia tidak memerlukan media tanam. Makanannya berasal dari udara dan karena itu juga sering disebut sebagai air plant. Tillandsia memiliki beragam jenis dan umumnya berukuran kecil. Tumbuhan ini bisa diletakkan di luar pot, digantung, atau menjadi pelengkap terarium.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela