Tips Agar Kamar Mandi Lebih Sehat

Kamar mandi menjadi salah satu ruang yang paling sering digunakan penghuni rumah. Karenanya, jika penataannya kurang baik, maka kamar mandi akan selalu lembab dan kurang sehat.
Memang, kamar mandi tidak pernah digunakan lebih dari satu jam, tapi bukan berarti ruangan 1,5m x 1,5m dengan bak mandi atau shower dan kloset sudah cukup.

Agar kamar mandi tetap nyaman dan sehat, berikut ada cara-cara untuk melakukannya, yaitu :

  1. 1. Cukup sinar matahari

Kamar mandi harus didesain untuk bisa memasukkan banyak sinar matahari, yaitu lewat skylight. Sinar matahari yang cukup membuat kamar mandi lebih cepat kering sehingga jamur, lumut, dan bakteri tidak bisa berkembang biak.
Selain itu, masuknya sinar matahari ke kamar mandi membuat hemat listrik karena selama matahari bersinar, kamar mandi Anda tidak perlu penerangan dari lampu.
  1. 2. Membuat lubang angin

Gunanya sendiri tak lain dan tak bukan sebagai jalur pertukaran udara. Tetapi, banyak orang ragu membuat lubang angin di dinding. Alasannya karena takut privasi saat mandi terganggu. Padahal itu bisa diakali dengan cara menempatkan tanaman di depan dinding yang berlubang supaya orang yang lewat tidak bisa mengintip.
Jika lubang angin dibuat dari susunan bata dan batako maka Anda bisa menyusunnya secara miring sehingga orang tidak bisa memandang langsung ke area kamar mandi.
  1. 3. Tanaman di dalam pot

Terdengar sederhana, tapi tanaman punya peranan yang cukup baik untuk membantu menyegarkan udara di kamar mandi.
Untuk tanaman di kamar mandi, selain indah Anda disarankan untuk memilih tanaman yang mampu bersifat menyerap polutan.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik