Prinsip Utama Menyiasati Ruangan Sempit

Memiliki ruangan yang sempit bukan berarti kita harus kehilangan kenyamanan di dalamnya. Ruangan yang sempit, juga dapat diatur dan ditata agar menjadi tempat yang menyenangkan bagi keluarga.

Berikut ada beberapa tips untuk menyiasati ruangan sempit agar tetap menjadi ruangan yang nyaman, yaitu :

  • Warna Dinding Netral

Warna terang selalu disarankan sebagai alternatif pilihan bagi pemilik rumah dengan luas bangunan yang terbatas. Warna-warna netral dapat membuat efek luas dan ruang lebih terang pada ruangan. Anda bisa menerapkan warna putih, krem. Anda juga dapat memilih warna abu-abu muda, atau navy muda.
Pilihan warna ini dapat menghasilkan ilusi mata dengan melihat ruang lebih luas dari ukuran aslinya. Kuncinya adalah mampu menyeimbangkan warna netral dengan warna lembut agar menciptakan nuansa ruang yang tepat.
Untuk membuat nuansa tak monoton Anda bisa menambahkan perpaduan warna lain pada furnitur. Warna plafon sebaiknya disamakan dengan warna dinding.

  • Warna Lantai

Gunakan lantai dengan warna terang seperti putih, misalnya oranye, atau warna mencolok lain. Boleh juga menggunakan lantai parket.
Jika menggunakan warna lain selain putih, pastikan Anda menggunakan cat dinding berwarna putih. Karena ini akan membuat ruangan tampak luas walaupun hanya trik dari warna dinding yang terang.
Jika Anda tetap ingin mengecat dinding dengan warna-warna selain warna terang, ruangan sempit pun akan terlihat sempit dan terbatas ruang geraknya.
  • Lampu Warna Terang

Ruang sempit cocok dengan warna lampu putih karena akan memberikan efek luas pada ruang. Hindari menggunakan warna kuning sedikit oranye seperti warna lampu yang biasa digunakan untuk jalan raya.

Cahaya berwarna kuning oranye justru membuat ruangan semakin sempit. Lampu berwarna kuning hanya cocok diterapkan ke ruangan luas.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari