Tips Memilih Karpet

Karpet menjadi salah satu pelengkap keindahan ruangan. Meski tak menjadi masalah jika tidak menggunakan perabot yang satu ini, namun keberadaan karpet akan dapat menambah keindahan rumah Anda. Tak hanya terlihat indah, rumah Andapun berkesan lebih mewah dengan digunakannya karpet sebagai alas dilantai Anda.
Dengan banyaknya jenis karpet dipasaran, membuat kita harus dapat memilih satu yang tepat diantara sekian banyak bahan dan model yang ditawarkan. Nah, berikut beberapa tips untuk memilih karpet yang tepat bagi rumah Anda:
  • 1. Pilih karpet berdasarkan fungsi ruangan 

Ada banyak jenis karpet di pasaran. Masing-masing jenis telah memiliki fungsi dan kegunaan sendiri sehingga ketika diaplikasikan akan memberi kemudahan, kenyamanan serta lebih awet untuk ke depannya. Karpet yang lembut cocok digunakan untuk kamar tidur yang paling membutuhkan kenyamanan tapi tak memiliki aktivitas tinggi. Karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan bisa diletakkan di bawah meja makan, karena tak tertutup kemungkinan ada makanan yang jatuh. Karpet dengan bulu pendek dan berkualitas baik, dapat digunakan di area ruang keluarga untuk tempat berkumpul yang nyaman.
  • 2. Polos atau motif?

Yang kedua dan tak kalah penting dalam memilih karpet adalah mana yang paling pas bermotif atau polos saja? Coba lihat dulu sekeliling ruangan Anda, jika sudah terlalu banyak perabotan dan ruangan terasa penuh, pilih karpet yang menggunakan 1 warna saja. Tapi jika ruangan tampak terlalu polos dan terasa lapang, coba karpet bermotif untuk membuat mata menuju ke area di atas karpet. Pilih karpet bermotif playful untuk diletakkan di kamar anak, sedangkan di kamar tidur Anda, pilih karpet dengan motif elegan.

  • 3. Warna

Warna juga merupakan salah satu faktor yang penting ketika memilih karpet. Karpet dengan warna gelap memberikan kesan yang lebih berat dan elegan ke dalam ruangan. Karpet dengan warna yang terang yang netral bisa dengan mudah membaur dan menampilkan kesan yang lebih ringan. Karpet dengan warna pop yang mencolok membuat suasana ruangan lebih hidup dan ceria.  seperti contohnya pada gambar pertama, karpet warna pink untuk ruangan bernuansa netral berhasil membangkitkan suasana ruangan. Ruangan tak lagi tampil ‘biasa’ dan sederhana, tapi lebih hidup dan ceria.
  • 4. Bahan dan material karpet

Sekarang mulai banyak ditemui karpet dengan bahan alami seperti wol, rami, dan sebagainya. Untuk Anda yang alergi debu dan ada anggota keluarga yang asma pertimbangkan untuk memilih material karpet yang tepat sehingga tak mengganggu kesehatan keluarga Anda. Yang paling sering digunakan sebagai bahan karpet adalah bahan wol. Kelebihannya selain mudah dibersihkan adalah karena material wol hangat dan awet. Ada tersedia beragam pilihan karpet di pasaran, tinggal tanyakan ke penjual karpet apa saja bahannya dan cek apakah aman digunakan untuk di rumah Anda.
  • 5. Budget dan pemeliharaan

Sebelum membeli karpet, pertimbangkan dulu alokasi dana yang ada. Pilih karpet dengan harga sesuai dengan anggaran, namun jangan lupa tetap pilih yang berkualitas. Untuk itu, Anda bisa meminta penawaran harga dari penjual lalu membandingkan dengan toko lain guna mendapatkan karpet yang paling sesuai dengan budget Anda. Selain itu pertimbangkan juga faktor pemeliharaan karpet, pilih yang paling mudah dibersihkan sehingga tak menghabiskan biaya lagi ketika Anda sudah terlanjur membeli. Pertimbangkan lagi jika perlu perawatan ekstra untuk salah satu karpet Anda.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari