Cara Membersihkan Nat Keramik Kotor

Nat merupakan celah yang terletak di antara keramik. Biasanya nat terbuat dari dari grout sealer, semen atau semen putih. Letaknya yang di lantai tentu membuat nat sangat akrab dengan kusam dan kotor, baik oleh air pel maupun debu. Seringkali, meski telah di pel, nat tetap saja terlihat kotor dan berwarna lebih gelap dari lantai keramik Anda. 
Untuk membersihkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni dengan menngunakan bahan-bahan seperti berikut :
1. Baking Soda
Untuk membersihkan nat sehari-hari, Anda dapat memanfaatkan baking soda. Adapun caranya sangatlah mudah yaitu buatlah adonan pasta yang terdiri dari campuran baking soda dan sedikit air. Aduk-aduk sebentar agar keduanya tercampur rata. Gunakan pasta baking soda ini untuk menutupi nat keramik yang kotor dan biarkan selama 1-2 jam. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.
2. Asam Sitrat
Asam sitrat, atau yang dikenal juga dengan citrun, bisa diandalkan untuk mengangkat kotoran-kotoran membandel di nat. Larutkan sebungkus serbuk asam sitrat ke dalam segelas air. Lalu aplikasikan larutan ini dengan menguaskannya ke seluruh permukaan nat. Semakin lama Anda membiarkan asam sitrat bekerja, semakin bersih pula permukaan nat tersebut. Setelah itu, Anda cukup membilasnya dnegan air bersih.
3. Cuka
Selain sebagai penyedap masakaan. cuka juga bisa dipakai untuk membersihkan nat lantai keramik. Pertama, tuangkan cuka tepat pada permukaan nat keramik. Kedua, gosok nat menggunakan sikat gigi sampai bersih. Ketiga, Anda bisa membilasnya dengan air. Namun efek samping dari penggunaan cuka ini yaitu, bau asamnya akan memenuhi ruangan tempat Anda membersihkan nat.
4. Pemutih Pakaian
Bahan lain yang bisa digunakan untuk menjadikan nat keramik tampak bersih adalah cairan pemutih pakaian. Cara membersihkannya pun tak jauh beda. Anda cukup menuangkan cairan pemutih ke nat secara merata. Kemudian bersihkan nat dengan menyikatnya sampai tuntas. Jika sudah, bilaslah dengan memakai air bersih untuk melihat hasilnya.
Selain dibersihkan, nat harus dirawat pula supaya kondisinya tetap terlihat menarik. Nat yang tampak cekung dan rusak tentu akan mengurangi pesona dan keindahan dari keramik. Oleh karena itu, Anda perlu melapisi ulang nat menggunakan grout agar rumah jadi nyaman

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi