Tata Cara Merawat Dapur



Dapur merupakan  ruangan yang selalu di kunjungi, karena di fungsikan untuk memasak, mengolah makanan dan dapur sangat rentan terhadap kotor dan berantakan. Dengan itu dapur seharusnya selalu terawat dan terjaga kebersihannya. Berikut  tata cara merawat dapur :


1. Mencuci Peralatan Setelah Masak

Cuci semua peralatan masak seperti piring, wajan, sendok, garpu dan peralatan yang lainnya yang kotor dan cucilah setiap setelah memasak. Agar tempat cucian tidak menumpuk dan supaya dapur tidak terkesan kotor dan berantakan. Dengan itu pun dapat mempermudah Anda pada saat akan menggunakan kembali untuk memasak.


2. Rawat Pisau Dan papan Untuk Memotong

Merawat pisau dan papan untuk memotong itu perlu,  karena setiap memasak dua peralatan masak tersebut yang selalu digunakan setiap akan memasak. Maka dari itu rawatlah agar pisau tidak berkarat  dan kotor , karena pisau yang berkarat dan kotor dapat mengkontaminasi makanan dan tidak baik apabila makanan tersebut di konsumsi. Rawatlah juga papan untuk memotong dengan cara oleskan minyak pada papan untuk memotong tersebut agar lebih awet. 


3. Rawat Peralatan Masak

Rawatlah peralatan masak dengan cara saat mecuci, cucilah dengan sebersih mungkin agar tidak ada noda atau kotoran yang masih menempel di peralatan masak tersebut. Apabila terdapat noda atau kotoran yang susah untuk dihilangkan , Anda dapat merendam peralatan masak tersebut dengan air hangat dan dicampur baking soda dan direndam semalaman. Setelah itu cuci dengan bersih dan simpanlah ditempat yang bersih dan kering.


4. Bersihkan Kompor

Bersihkan kompor dan area sekitarnya yang kotor, terutama area yang berminyak. Anda bisa gunakan cairan pembersih untuk memudahkannya. Bersihkan secara rutin setelah memasak, dengan itu kotoran tidak menumpuk dan tidak menyulitkan Anda pada saat akan menggunakan kompor kembali.


5. Pilihlah Cairan Pembersih Yang Tepat

Untuk memilih cairan pembersih untuk peralatan masak tidak boleh asal, karena dapat membahayakan kesehatan apabila peralatan  masak dibersihkan dengan cairan pembersih yang mengandung zat kimia yang berbahaya. Dengan itu pilihlah cairan pembersih yang tidak membahayakan untuk kesehatan.


6. Simpan Dan Rapihkan Peralatan Masak

Simpanlah dan rapihkan kembali peralatan masak yang sudah digunakan dan sudah dicuci. Untuk mempermudah Anda pisahkan peralatan masak yang sesuai dengan fungsi , ukuran dan jenisnya agar dapat memudahkan Anda pada saat akan menggunakan dan menggembalikannya.


7. Sediakan Tempat Sampah

Sediakan tempat sampah di dapur karena memudahkan Anda saat akan membuang sampah. Letakan plastik dalam tempat sampah agar memudahkan Anda pada saat akan membersihkannya.


8. Biasakan Memasakan Dengan Bersih

Dengan memiliki kebiasaan memasak yang bersih, dapur terlihat rapih dan tidak kotor . Mengembalikan peralatan masak yang sudah digunakan seperti wadah bumbu ketempatnya kembali dapat memudahkan Anda saat akan membersihkan dapur setelah masak.


9. Mendekorasi Dapur

Dapur yang sudah di dekorasi akan membuat kesan lebih nyaman untuk kegiatan Anda memasak. Untuk memudahkan Anda bisa sesuaikan dengan konsepdan desain interior rumah Anda.



Kunjungi juga :

Quotes : https://quotesharianbergambar.blogspot.com/

Website Griya Satria : https://www.griyasatria.co.id/







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat