Tiga Hal Penting Dalam Menata Ruang Tamu

Adanya momen penting seperti hari raya maupun tahun baru, membuat kita biasanya sibuk berbenah rumah. Dan biasanya yang paling mendapat perhatian ialah pada ruang tamu. Sebab, ruang tamu menjadi tempat untuk menyambut para tamu yang datang berkunjung.

Nah, untuk membuat ruang tamu Anda tampil lebih menarik, berikut ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam menatanya :

  • Sofa dan Meja
Pemilihan sofa dan meja tentu ada baiknya disesuaikan dengan desain dan tema desain rumah. Apakah menggunakan rumah bergaya minimalis modern, klasik Eropa, atau etnis.
Contohnya, jika Anda menyukai ruang tamu yang bernuansa etnis Jawa tentunya akan lebih sesuai jika menggunakan furnitur kayu ukiran Jepara yang cantik dan berkesan antik. Umumnya terbuat dari kayu jati tua. Namun, karena harganya yang cukup mahal, Anda bisa menggunakan replikanya yang terbuat dari jenis kayu yang lebih murah, sehingga harganya lebih terjangkau. Namun demikian, tidak tertutup juga kemungkinan menggunakan sofa dengan motif kain yang berkesan klasik dan antik.

  • Lampu
Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah masalah pencahayaan. Tak bisa disangkal bila lampu memiliki peranan penting dalam penampilan ruang tamu secara keseluruhan. Ada baiknya sebelum membeli lampu, Anda mengetahui tipe dan jenis lampu terlebih dulu. Caranya bisa dengan mendatangi pusat penjualan lampu, mempelajari katalog lampu, atau berburu lampu di internet.
Namun jika ingin menggunakan tema etnis Jawa, tak ada salahnya jika Anda menggunakan lampu kuno yang antik. Untuk lampu jenis ini, Anda bisa berburu di pasar loak atau toko yang menjual aneka lampu dan barang-barang antik.

  • Hiasan
Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah ornamen atau hiasan di ruang tamu. Ada baiknya jika hiasan di ruang tamu tidak berlebihan, karena memajang hiasan atau barang-barang yang tidak perlu justru membuat ruang tamu terkesan berantakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bijak dalam memilih dan menentukan hiasan apa yang pantas dipajang di ruang tamu Anda.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik