Cara Membuat Kamar Mandi Terang dan Anti Lembab

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang rawan lembab. Hampir setiap waktu, tempat ini akan selalu bersentuhan dengan air maupun embun yang berasal dari uap air. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendesain lemari yang terang sekaligus bebas dari banjir Kamar mandi menjadi salah satu bagian rumah yang harus mendapatkan pencahayaan cukup. Sebab, selain dapat membuat kamar mandi lebih nyaman, pencahayaan yang baik juga akan membuat kamar mandi terbebas dari lembab.

Berikut ada beberapa trik untuk membuat membuat kamar mandi lebih terang dan anti lembab, yaitu :

  • Manfaatkan sinar matahari

Ketika siang, maka pencahayaan di kamar mandi bisa diperoleh melalui sumber cahaya alami, yaitu sinar matahari. Jika tidak ada atau belum ada lubang cahaya dari dinding maka Anda bisa membuat jalur cahaya matahari dari plafon. Selain berguna untuk menerangi, sinar matahari juga berfungsi mengurangi kelembaban di dalam kamar mandi.
  • Gunakan lampu khusus untuk area lembab

Lampu khusus ini biasanya memiliki fitur anti embun sehingga membuat rumah lampu terhindar dari proses pengembunan. Embun sendiri mampu membuat buram dan pencahayaan dari lampu tidak terang maksimal.
  • Gunakan pencahayaan downlight

Trik ini bisa dikombinasikan dengan efek spot agar kamar mandi bisa tampil lebih dramatis. Dengan trik ini Anda bisa memasang lampu pada beberapa titik yang memang menerangi area-area tertentu.
  • Pasang lampu di sisi kanan dan kiri cermin

Jika Anda memiliki cermin di kamar mandi maka ini juga bisa menjadi trik pencahayaan. Pemasangan lampu tersebut bisa dilakukan sejajar dengan ketinggian wajah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya bayangan yang mengganggu apabila lampu dipasang di atas cermin atau dipasang terlalu rendah.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari