Trik Memilih Material untuk Teras

Teras kerap digunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga, selain sebagai tempat menerima tamu tentunya. Karenanya, teras pun memerlukan dekorasi yang tak hanya memperhatikan kenyamanan tapi juga keindahan.

Nah, untuk membuat teras Anda terlihat makin cantik, maka menambahkan pelapis lantai bisa menjadi salah satu caranya. Pelapis lantai ini bisa diambil dari ragam material pilihan. Dengan pilihan warna dan tekstur yang beragam, teras rumah Anda pun dijamin makin menarik.

Berikut beberapa material yang cocok untuk menghias teras rumah Anda, yaitu ;

  • Rumput sintetis
Jika Anda malas menggunakan rumput asli, Anda bisa membeli rumput sintetis yang praktis menghias lantai teras. Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli satu rol rumput sintetis ini. Rumput sintetis bisa dibilang sangat hemat perawatan dan biaya. Sayangnya ketika musim panas, karpet sintetis ini akan terasa panas dipijak kaki. Beberapa bahan kimia yang terkandung juga mungkin berbahaya jika terpapar bayi atau anak balita.
  • Karpet outdoor
Dengan pilihan motif ceria yang beragam, Anda bisa menyulap teras menjadi cantik dalam waktu seketika. Anda juga bisa mencuci dengan mudah jika terkena kotoran atau debu yang menempel. Karpet outdoor juga mengurangi kemungkinan anak-anak terpeleset karena lantai yang licin. Namun sebelum membeli, perhatikan dulu material utama lantai teras Anda. Jika menggunakan lantai parket atau kayu, penambahan lapisan karpet malah membuat permukaan kayu menjadi lembap. Sementara jika lantai Anda terbuat dari bebatuan atau marmer jika beradu dengan dasar karpet yang licin bisa membahayakan anak-anak terpeleset.
  • Lantai Kayu
Lantai parket menjadi favorit banyak orang ketika mendekorasi lantai terasnya. Dengan beberapa pilihan motif seperti kotak-kotak atau silang, Anda bisa membuat area teras menjadi lebih hangat dan klasik. Lantai kayu sebagai pelapis ada yang bisa dibongkar pasang, sehingga Anda bisa membersihkan dengan mudah jika ada noda yang membandel dengan air dan sabun. Kekurangannya, lantai kayu harus dipasang menggunakan perekat dan lebih rinci memperhatikan celah atau lubang di antaranya.
  • Lantai busa
Karpet dengan bahan busa terbilang murah dan banyak pilihan motifnya. Mulai dari garis-garis, geometris, bahkan motif animasi dengan mudah ditemukan di pasaran. Material ini juga terbilang nyaman untuk dipijak dan diduduki oleh anak-anak. Kekurangannya, ada beberapa material lantai busa yang mengandung bahan kimia berbahaya. Perhatikan dulu material penyusunnya sebelum memilih karpet busa yang pas. Selain itu, mereka harus berada di area yang cukup sirkulasi udaranya agar tidak berjamur.

Postingan populer dari blog ini

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Noda Cat pada Keramik