Cara Menata Dapur Agar Rapi dan Ringkas

Meski menjadi tempat untuk menyiapkan masakan, namun tampilan dapur haruslah terlihat rapi dan bersih. Selain menambah estetika rumah, dapur yang tertata dengan bersih dan tertata dengan baik pun akan lebih sehat. Tak hanya itu, Anda pun dapat menemukan berbagai peralatan dapur yang ditemukan dengan mudah, karena telah tertata pada tempatnya.

Nah, untuk mewujudkan dapur yang rapi dan ringkas, berikut ada beberapa tips untuk menatanya :

  • Bersih
Kebersihan dapur mutlak menjadi prioritas utama karena dapur merupakan tempat menyimpan dan menyiapkan makanan. Bersihkan meja dapur, lemari es, sekitar kompor, lantai, dan permukaan-permukaan lain dengan produk pembersih, setiap kali Anda selesai memasak.
  • Kering
Area sekitar wastafel cuci piring rawan menjadi becek. Bila mungkin, letakkan rak khusus di atas atau dekat wastafel untuk meniriskan perkakas yang baru dicuci sehingga tetesan airnya tidak meluber ke mana-mana. Segera lap ceceran air supaya tidak meninggalkan noda air kering atau kerak kapur.
  • Bebas bau
Uap masakan yang terlalu pekat bisa meninggalkan bau di dapur dan ruang-ruang lain. Gunakan bahan-bahan atau produk penyerap bau dan usahakan sirkulasi udara di dapur lancar agar uap terbawa angin ke luar rumah.
  • Ringkas
Sembunyikan sebanyak mungkin objek dapur agar tidak berserakan. Anda bisa mempertimbangkan mengganti rak piring terbuka dengan lemari, kabinet, dan laci dapur untuk menyimpan peralatan masak dan bahan-bahan dapur. Jika ruang penyimpanan terbatas, Anda bisa menyiasatinya dengan menggantung peralatan masak di dinding tanpa mengabaikan estetika. Pindahkan kelebihan masakan ke wadah dan simpan di dalam kulkas, daripada membiarkannya di dalam panci yang digeletakkan begitu saja.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela

Warna Cat Dinding yang Dihindari