Delapan Ide Jendela untuk Ruang Tamu

Selain berfungsi sebagai ventilasi udara dan tempat masuknya cahaya, jendela juga berperan dalam interior rumah. Apalagi pada ruang tamu yang merupakan ruangan yang biasanya pertama kali ditemui ketikan seseorang bertandang ke rumah. Nah, agar mendapatkan kesan yang indah untuk ruang tamu Anda, ada beberapa model jendela yang bisa dipilih sesuai dengan gaya interior serta selera Anda, yaitu :
  • Jendela ruang tamu vintage
Jika Anda menyukai gaya klasik, maka tipe jendela ini bisa menjadi pilihannya. Supaya ruang tamu berkesan ‘jadul’ atau vintage salah satu caranya yakni dengan memberikan jendela yang bergaya lama. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan konsep jendela bergaya eropa. Menggunakan cat warna putih dan model jendela bersekat-sekat serta terbuat dari kayu.
  • Jendela Excalibur
Model jendela bergaya barat bisa menjadi pilihan menarik untuk ruang tamu Anda. Jendela Excalibur merupakan jendela berbahan kayu yang bisa dibuka dengan menaik-turunkan kacanya. Selain itu diberi gordyn dengan warna yang hangat. Untuk peletakan jendela juga agak lebih tinggi.


  • Jendela lebar dan gordyn yang warm
Jika ruang tamu Anda memiliki lebar yang luas dan dinding yang mengarah ke halaman, maka Anda bisa memasang jendela yang cukup lebar di sana. Jangan lupa gunakan gordyn yang berwarna sesuai dengan tema ruang tamu Anda. Jika ingin suasananya cerah maka gunakan jendela putih dan gordyn warna cerah atau mengkilap.
  • Jendela full kaca
Jika menginginkan konsep rumah yang lebih modern dan ruang tamu yang lebih transparan, maka Anda bisa mencoba menggunakan kaca yang besar pada sisi dinding di ruang tamu Anda. Gunakan kaca yang hitam saja supaya terlihat menawan dari luar. Untuk besarnya kaca, tentu tergantung selera masing-masing.
  • Jendela putih dan lebar
Menggunakan jendela warna putih atau warna netral menjadi pilihan bagus untuk mendesain ruang tamu lebih nyaman dan sedap dipandang. Selain itu jendela dengan kaca yang lebar juga akan memberikan pemandangan keluar yang lebih banyak daripada sekadar jendela kecil dan bersekat. Jika memang halaman rumah Anda memiliki pemandangan yang cukup bagus, maka konsep jendela ini bisa Anda terapkan untuk ruang tamu.
  • Jendela putih lebar bersekat
Jendela lebar dan memanjang bisa menampilkan pemandangan luar yang bagus. Namun jika Anda khawatir cahaya yang masuk akan terlalu besar dan malah mempengaruhi interior, maka sebaiknya jendela diberikan penyekat. Anda bisa menggunakan jendela lebar dengan warna cerah dan bertirai atau sekat pada setiap jendela,sehingga bisa untuk mengatur cahaya.
  • Jendela buka tutup di dinding samping
Jika umumnya orang akan meletakkan jendela pada dinding dengan pemandangan halaman utama, namun untuk konsep yang satu ini Anda bisa meletakkan jendela di dinding yang mengarah ke samping rumah. Jika rumah Anda memiliki pemandangan yang sejuk di sampingnya, maka konsep ini bisa Anda tiru. Pakailah jendela yang memiliki pintu slide atau pintu jendela buka-tutup ,sehingga udara sejuk dari luar bisa masuk.

  • Jendela dengan tirai penutup
Penggunaan tirai sebagai pelapis sekaligus penutup jendela adalah ide yang cukup bagus. Anda bisa menggunakan jendela yang lebar dan panjang dan memberikannya tirai yang terbuat dari bambu maupun stainless. Fungsi dari tirai tersebut tentunya sebagai penghalang cahaya yang masuk dan menutup jendela jika hujan. Dan bisa pula sebagai pengganti gordyn.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela