Menata Pot Tanaman di Teras

Menghadirkan tanaman pada teras rumah Anda tentu akan memberi kesegaran sekaligus menambah keindahan eksterior rumah. Rumah Andapun akan terasa sejuk serta alami dengan kehadiran aneka tanaman tersebut. Bahkan, meski dihadirkan dengan pot, tak akan mengurangi nilai keindahan dari tanaman hias tersebut. Justru, pemilihan pot yang benar, akan memberi kesan lebih menarik pada teras rumah Anda.
Nah, agar terlihat kian menarik, pot-pot itu pun harus ditata dan diatur dengan baik. Dengan tatanan yang menarik, tentu keberadaannya mampu menjadi ornamen yang mendukung penampilan teras. Berikut beberapa tips untuk menata pot tanaman di teras rumah :
1. Sesuaikan Pot dengan Lahan teras
Besar dan bentuk pot sebaiknya disesuaikan dengan besarnya lahan teras. Apabila ukuran teras cukup luas, sebaiknya diberi pot-pot yang besar. Tetapi, bila lahannya sempit, pilihlah pot yang kecil atau ramping. Sebaiknya jangan menempatkan tanaman terlalu ramai.
2. Batasi Jumlah Pot
Jika sudah menjadi hobi, seringkali semua tanaman kita tanam dan pajang untuk mempercantik rumah. Namun, jika terlalu banyak jumlah pot yang dipajang, justru akan memberi kesan sumpek. Karenanya agar tidak terkesan sempit dan aktivitas di teras tidak terganggu, sebaiknya jumlah pot dan tanaman yang dipajang tidak terlalu banyak.
3. Atur Letak Pot Tanaman
Peletakan pot yang terbaik adalah di sudut-sudut saja dengan tanaman yang meninggi.
4. Beri Alternatif Dengan Pot Gantung
Di bagian depan teras bisa diberi tanaman yang menggantung seperti bunga anggrek. Tentu saja bila hendak memajang tanaman gantung harus memperhitungkan aktivitas yang sering dilakukan di teras tersebut.
5. Gunakan Mantel Pot
Supaya teras tampak bersih dan tanaman lebih terawat sebaiknya menggunakan mantel pot. Mantel pot ini untuk menjaga supaya pot yang tampak dari luar tidak berlumut. Bila Anda menggunakan mantel pot, satu hal yang harus diingat. Pot yang di dalam harus lebih pendek dengan pot yang diluar supaya tampak lebih cantik.
6. Rawat dengan Teratur
Karena sifat tanaman teras yang tidak tahan terhadap sinar matahari dan bisa rimbun daunnya, maka perlu perhatian yang serius.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bahan Pintu Kamar Mandi

Warna Cat Dinding yang Dihindari

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela