Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat

Keramik akan selalu menjadi koleksi yang menakjubkan. Baik yang berbentuk gelas, cangkir, piring, mangkuk, teko, panci, guci, pot, dan keramik lantai, semuanya mmapu menghadirkan keindahan untuk menghias sebuah ruangan rumah.

Agar dapat bertahan lama untuk kecantikan dan keutuhan warnanya, keramik-keramik tersebut tentu membutuhkan perawatan yang benar. Nah, bagaimana cara merawat kerajinan keramik dari tanah liat, berikut tipsnya :
  • Lumuri Permukaan Keramik dengan Getah Pisang

Getah pisang ternyata ampuh menjadikan struktur keramik di rumah Anda bertambah kuat. Hal ini berkat daya rekat yang dimiliki getah pisang yang masuk melalui pori-pori keramik dan menguatkannya. Disarankan pakai getah yang terdapat di jantung pisang atau tangkai buah pisang. Oleskan getah pisang ini ke seluruh permukaan keramik minimal setiap sebulan sekali, lalu keringkan di bawah sinar matahari. Niscaya keramik pun bertambah kokoh dan tak mudah pecah.
  • Bersihkan dengan Lap Basah

Kerajinan keramik sebaiknya tidak diletakkan di luar ruangan karena terik matahari bakal memudarkan warnanya. Cairan yang tertumpah di keramik dan meninggalkan noda membandel juga akan mengurangi keindahannya. Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengelap keramik memakai kain basah secara rutin. Jika memungkinkan, gunakan cairan pembersih khusus untuk keramik yang memiliki zat pelindung warna dan bersifat tidak terlalu keras.
  • Pakai Serbuk Kristal untuk Membasmi Jamur

Karena terbuat dari tanah liat, keramik akan gampang terkena jamur bila diletakkan di ruang yang lembab. Namun, tak perlu risau untuk memberantas jamur di permukaan keramik. Sebab hal ini terbilang mudah dilakukan. Caranya masukkan sesendok bubuk kristal ke dalam seperempat ember kecil air bersih. Usapkan cairan bubuk kristal tersebut ke seluruh permukaan keramik memakai spons dengan gerakan searah. Untuk mendapatkan bubuk Kristal, Anda dapat membelinya di toko-toko kimia terdekat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela