Tips Cara Memilih Furniture Untuk Rumah


Furniture untuk rumah memiliki fungsi yang sangat penting. Tanpa adanya furniture dalam rumah, rumah akan tampak sunyi dan kosong. Tentunya tidak nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.
Untuk memilih furniture bukan hal yang mudah. Karena, untuk memilih furniture untuk rumah tidak boleh asal. Sesuaikan dengan selera dan sesuaikan juga dengan konsep rumah Anda.


1. Sesuaikan Dengan Konsep Rumah/Ruangan

 Konsep Rumah/Ruangan Modern

Konsep rumah/ruangan banyak jenisnya seperti model minimalis, klasik, modern, dan lain lain.
Setiap memilih furniture tentunya di sesuaikan dengan konsep rumah, Karena setiap ruangan dalam rumah memiliki bentuk furniture yang berbeda - beda. Jadi Anda bisa memilih furniture yang sesuai dengan konsep desain interior rumah Anda. Dengan begitu, Anda lebih mudah dan fokus memilih furniture.


 2. Memilih Ukuran Furniture Dengan Menyesuaikan Ukuran Ruangan


Memilih ukuran furniture sesuai dengan besar kecilnya ruangan itu perlu. Agar ruangan tidak terlihat sempit. Dengan memberikan jarak antara furniture dengan furniture yang lainnya, ruangan akan jadi lebih mudah untuk dibersihkan dan nyaman pada saat digunakan untuk beraktivitas.


3. Memilih Warna Furniture Yang Sesuai Dengan Warna Ruangan



Pemilihan warna furniture yang sesuai dengan warna cat ruangan itu perlu. Agar warna cat ruangan dan warna furniture dapat memberikan keindahan dalam ruangan.


4. Memilih Bahan/Material Furniture


Memilih bahan/material furniture bisa jadi hal yang mudah bagi orang yang mempunyai pengalaman atau info tentang bahan/material furniture. Orang yang mempunyai pengalaman atau info tentang bahan/material, tahu kalau furniture yang berbahan/bermaterial kayu solid jauh lebih bagus dibandingkan material yang lain. Dan tentunya furniture yang berbahan/bermaterial kayu solid disesuaikan juga dengan jenis kayu.

Tapi, justru akan sulit bagi orang yang tidak mempunyai pengalaman atau info tentang bahan/material furniture. Bagi Anda yang belum mengetahui atau punya pengalaman dan info tentang bahan/material furniture, Berikut penjelasannya:

 Furniture Berbahan/Bermaterial Kayu Solid

Furniture yang berbahan kayu solid material/bahan dasar furnitur ini termasuk kedalam jenis kayu asli. Dimana tipe kayu solid merupakan bahan dasar paling kuat dibandingkan bahan dasar kayu olahan. Jenis kayu solid untuk furniture mebel: kayu jati, kayu mahoni, kayu nyatoh, kayu pinus, kayu sungkai, kayu cedar, kayu ramin.

Adapun juga furniture berbahan/bermaterial kayu lainnya seperti jenis material kayu Plywood / Multiplek, Blockboard, Papan Partikel (Particle Board).

Kelebihan Furniture Berbahan/Bermaterial Kayu Solid:
  •  Kelebihan dari kayu solid terletak pada sisi ketahanannya. Kayu solid dapat bertahan hingga lebih dari 15 tahun, tergantung dari kondisi cuaca dan perawatannya.
  •  Kayu solid juga tahan terhadap air dalam jangka waktu yang relatif lama, Asalkan tidak terendam selama berbulan-bulan.
  • Secara arsitektur, Kayu solid juga memiliki keindahan warna natural yang menjadi ciri khasnya.
  Kekurangan Furniture Berbahan/Bermaterial Kayu Solid: 
  •  Tidak bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung dengan suhu yang terlampau tinggi. 
  • Tidak tahan terhadap kelembapan yang tinggi. 
  • Tidak tahan terhadap api atau mudah terbakar.

Furniture Berbahan/Bermaterial Plastik 

Kelebihan Furniture Berbahan/Bermaterial Plastik:
  •  Harga memang jauh lebih murah dibandingkan dengan furniture yang berbahan/bermaterial lainnya.
  •  Proses perawatannya mudah dan mudah juga dibersihkan pada saat kotor dan tidak memerlukan pembersih khusus untuk membersihkannya.
  • Memiliki bobot yang ringan dan mudah pada saat akan dipindahkan.
  • Tahan air, jadi tidak perlu khawatir apabila furniture dirumah anda yang berbahan/bermaterial plastik terkena air.
  • Variasi warna lebih banyak.
Kekurangan Furniture Berbahan/Bermaterial Plastik: 
  • Tidak tahan panas.
  • Terkesan kurang mewah.
  • Tidak bisa menampung beban yang berat.
  • Ada yang mengandung unsur kimia BPA (Bisphenol-A ) senyawa kimia tersebut bisa mengakibatkan beragam gangguan kesehatan serius bila masuk ke tubuh.
  •  
     
     
    Furniture Berbahan/Bermaterial Besi
 Kelebihan Furniture Berbahan/Bermaterial Besi :
  • Rumah terlihat lebih berkarakter dan lebih modern. 
  • Furniture berbahan besi lebih kuat, awet dan tahan lama. Hanya saja, bila kurang terawat, furniture ini cenderung mudah berkarat.
  • Lebih terbebas dari bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman tak akan betah hinggap lama-lama di permukaan besi. Karenanya, akan lebih menjaga kesehatan pada penghuni rumah.  
  •  Lebih kuat menahan beban berat.    

Kekurangan Furniture Berbahan/Bermaterial Besi :
  •  Memiliki bobot yang berat. Susah pada saat akan dipindahkan.
  • Tak semua furniture berbahan besi baik dalam hal finishing. Bila ada bagian furniture yang tak rata, membuat tidak nyaman pada saat akan di gunakan. Lebih baik dicek terlebih dahulu keseluruhan bagian pada furniture pada saat akan membelinya, agar pada saat akan digunakan lebih nyaman.     
    Dalam pemilihan furniture juga harus disesuaikan dengan konsep desain interior rumah Anda.


 5. Membeli Furniture Sesuai Dengan Kebutuhan


Membeli furniture untuk mengisi rumah merupakan sebuah kebutuhan. Harga furniture biasanya mahal, jadi pastikan Anda membeli furniture sesuai kebutuhan. Tentukan bujet yang sesuai dengan bujet Anda. Jangan sampai membeli furniture mahal yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan sedangkan furniture yang dibutuhkan jadi tidak bisa terbeli karena bujet Anda sudah habis.


Kunjungi juga :

Quotes : https://quotesharianbergambar.blogspot.com/

Website Griya Satria : https://www.griyasatria.co.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela